IAIN Langsa
Warek I IAIN Langsa Hadiri Forum Rektor PTN Aceh

11 Januari 2021

Lhokseumawe, (Humas) - Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Pengembangan Kelembagaan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa Dr. Muhammad Suhaili Sufyan, Lc, MA, Senin (11/1/2021) menghadiri Forum Rektor Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Aceh di Universitas Malikussaleh.

Forum yang dihadiri oleh Rektor/pimpinan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Keagaan Islam Negeri (PTKIN) membahas sejumlah kebijakan pendidikan dan mendeklarasikan terbentuknya Forum Rektor PTN Aceh.

Selain dari IAIN Langsa, acara tersebut juga dihadiri oleh Dr Herman Fithra Asean Eng (Rektor Universitas Malikussaleh), Prof. Dr Jasman J Ma'ruf (Rektor Universitas Teuku Umar), Dr Yusri Yusuf (Wakil Rektor Bidang Akademik ISBI Aceh), Dr Saifullah (Wakil Rektor III UIN Ar-Raniry), Dr M Nazar (Wakil Rektor III IAIN Lhokseumawe) dan Mukhsinuddin MM (Wakil Ketua Bidang Akademik dan Kelembagaan STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh).

Menurut Rektor Unimal, Herman Fithra, terdapat 10 PTN dan PTKIN yang ada di Aceh di luar kampus Politeknik dan Akademi Komunitas. “Semua telah kita undang untuk dapat hadir bergabung pada hari ini,” ujarnya.

Dikatakan Herman, Rektor IAIN Takengon pada hari Jumat (8/1/2021) sudah mengonfirmasi akan hadir, namun, kondisi kesehatannya tidak memungkinkan ketika akan berangkat, sehingga berhalangan hadir. Rektor Universitas Samudra, Dr Bachtiar Akob, sebelumnya juga mengatakan akan bergabung, namun konfirmasi terakhir juga berhalangan untuk datang. Sedangkan Rektor Universitas Syiah Kuala (USK) Prof Dr Syamsul Rizal dalam komunikasi via Whatsapp menyampaikan tidak bisa hadir karena sudah ada agenda lain dan mengucapkan selamat dan sukses untuk penyelenggaran kegiatan ini, serta akan siap membantu dalam program-program Kampus Merdeka seperi PMMB dan pertukaran pelajar.

Herman melanjutkan, inisiasi pelaksanaan pertemuan Rektor PTN dan PTKIN ini sudah ada semenjak tahun 2019, namun baru bisa direalisasikan hari ini. “Banyak pihak yang mendorong agar adanya forum komunikasi antar-Rektor PTN yang ada di Aceh, termasuk dari Gubernur Aceh dan Forum Bersama (Forbes) DPR dan DPD RI asal Aceh,” ujarnya.

Sementara itu, Rektor Universitas Teuku Umar, Prof Jasman J Ma’ruf mengusulkan agar penamaan dan penyelesaian tentang bentuk forum ini dipatenkan pada pertemuan selanjutnya pada tanggal 11 Februari di UTU, Meulaboh bertepatan dengan peluncuran Hall of Fame Teuku Umar.

“Untuk Forum ini kita sepakat untuk membentuknya, namun untuk penamaan dan aturannya kita finalkan di Meulaboh nanti. Saat kita buat dulu draf penamaan dan aturan organisasinya, ujarnya.

Pertemuan tersebut ditutup dengan pernyataan para peserta secara aklamasi meminta Rektor Universitas Malikussaleh, Dr Herman Fithra Asean Eng untuk mengomandoi forum ini serta menyusun draf penamaan dan aturan kelembagaannya.