IAIN Langsa
Wakil Wali Kota Langsa Peh Tem di Radio ZCK

26 April 2016

[Langsa] Drs H Marzuki Hamid MM, Wakil Wali Kota Langsa, mengajak masyarakat Kota Langsa untuk menggalakkan budaya gotong royong sebagai tradisi masyarakat Aceh, hal ini disampaikannya saat mengisi acara rubrik Peh Tem (diskusi) di Radio Komunitas Kampus Zawiyah Cot Kala (RK ZCK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN), Jumat (22/04/2016).

"Kita mengajak seluruh masyarakat Kota Langsa, agar bergerak dan membangun kembali budaya gotong-royong sebagai tradisi masyarakat Aceh," ajaknya seraya mengingatkan, para pimpinan gampong juga harus mengajak masyarakat untuk mewujudkan hal dimaksud.

Dalam talk show yang dipandu oleh Andika Jaya Putra MA pada pukul 15.00 WIB itu, Marzuki Hamid menyampaikan, bahwa semangat gotong-royong sudah mulai hilang di kalangan masyarakat Aceh secara keseluruhan dan khususnya Kota Langsa.
"Memang tidak sepenuhnya hilang, namun secara perlahan kebiasaan gotong royong mulai surut. Meski dibeberapa daerah masih bisa dijumpai masyarakat bergotong royong, tapi semangatnya (mungkin) tidak seperti dahulu," ujar Marzuki Hamid.

Pemerintah Kota Langsa di bawah kepemimpinan Usman Abdullah SE dan Marzuki Hamid sedang berupaya mengangkat kembali budaya gotong-royong bersama masyarakat agar kembali menjadi tradisi. Sehingga, Kota Langsa yang sedang mewujudkan diri menjadi kota berperadaban Islami dapat berjalan dengan baik.

“Sikap gotong royong yang dilakukan, didalamnya terkandung nilai moral yaitu adanya rasa ikhlas untuk berpartisipasi, kebersamaan dan saling membantu antar sesama karena lebih mengutamakan kepentingan bersama yang akan berdampak meningkatkan kesejahteraan hidup masyarakat,” tandas Marzuki Hamid.

Sementara Andika Jaya Putra usai penyiaran kepada Humas, mengatakan, bahwa kegiatan ini merupakan program rutinitas yang dilakukan RK ZCK bagi tokoh-tokoh di Kota Langsa.
“Edisi hari ini kita mengundang Pak Wakil Walikota Langsa untuk mengisi Peh Tem tentang gotong-royong, supaya masyarakat kita sadar dan kembali menggalakkannya,” ujarnya.

Dikatakannya, dalam rubrikasi ini pihaknya mengangkat isu-isu sosial, budaya, pendidikan dan agama, baik lokal maupun nasional sesuai dengan narasumber yang dihadirkan.
“Selanjutnya kita akan mengundang Pak Walikota Langsa untuk mengisi Peh Tem dengan tema Membangun Langsa dengan wawasan lingkungan yang dijadwalkan pada Jum'at tanggal 6 Mei 2016,” kata Andika. [Jml]