IAIN LANGSA

IAIN Langsa
Wakil Rektor I IAIN Langsa Jadi Pembahas Paper AICIS 2024

Semarang (Humas) -- Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Pengembangan Kelembagaan  Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Dr. Yusaini, M. Pd  menjadi pembahas paper Annual International Conference on Islamic Studies (AICIS) 2024 yang berlangsung di kampus UIN Walisongo Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (3/2024).

Dalam kesempatan itu Dr. Yusaini bersama Prof. Dr. Khairinas Rajab, M. Ag  Rektor  UIN Sultan Syarif Kasim Riau memberikan masukan kepada empat presenter yaitu, Baid Bukhari dari kampus UIN Walisongo Semarang dengan judul "The Dynamics of The Relationship between Religious Identity and fundamentalism in perdicting Muslim Prejudice against Christian in Indonesia".

Mardi Ke dari Universitas Tadulako mengupas tentang "Internalizing an Islamic Culture of Inner and social peace to reduce student aggression on higher education".

Wara Alfa Syukrilla dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dengan judul "Beyond personal factory: A Multilevel Analysis for perdicting the effect of moral self - regulation and school climate on Muslim adolescent aggressivity".

Ika Ariyati dari Universitas Ma'arif Lampung judul "prophet yusuf'ss resilience to bullying as a preventive effort on Indonesia: a hermeneutical review of the qur'anic story".

Tampak Proses pembahasan paper yang dilakukan berlangsung dengan penuh semangat dan   interaktif. Para peserta antusias untuk menerima masukan dan saran dari kedua pakar tersebut. Mereka pun mendapatkan banyak insights dan pembelajaran berharga untuk meningkatkan kualitas paper mereka.

Secara umum Dr. Yusaini memberikan tanggapan dan masukan terkait paper yang telah dipresentasikan.

Terdapat beberapa catatan untuk kesempurnaan paper diantaranya pengutan variabel, supaya tujuan dari panitian ini lebih terarah. Ada tiga hal yang paling penting untuk menjadi pondasi dasar yaitu, Identitas agama, FundamentalismePrasangka.

"Diharapkan untuk peneliti selanjutnya bisa mencari solusi untuk mengatasi prasangka tersebut,"imbuhnya.

Kepada Presenter lestari, Dr. Yusaini menyampaikan bagian instrumen sudah bagus begitu juga dengan variabel sudah menjawab beberapa pertanyaan. Kemudian yang perlu penekanan adalah ada beberapa item yang perlu divalidasi.

"Populasi sudah tersebutkan, namun penentuan sampelnya belum jelas,"ujarnya.

Dr. Yusaini menyampaikan terima kasih dan selamat kepada para presenter, ia berharap artikel yang diterbitkan nantinya dapat memperkaya khazanah keilmuan.