IAIN LANGSA

IAIN Langsa
Wakil Dekan III FEBI Lantik Pengurus Pusat FORNAS MAKESYA

Kota Langsa (FEBI) - Wakil Dekan III Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa Assoc. Prof. Dr. Amiruddin Yahya Azzawiy, MA Selasa (21/06/22) melantik dan mengukuhkan Pengurus Pusat Forum Nasional Mahasiswa Keuangan Syariah (FORNAS MAKESYA) di Aula Terpadu IAIN Langsa.    

Pelantikan Pengurus Pusat Forum Nasional Mahasiswa Keuangan Syariah (FORNAS MAKESYA) merupakan rangkaian kegiatan yang dihelat FORNAS MAKESYA periode 2021-2023 bertempat di Fakultas dan Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Langsa.

Menurut Ketua Panitia Makmur Andika Lubis pelantikan ini dirangkai dengan Rapat Kerja Nasional dan Seminar Keuangan Syariah serta Lomba Business Plan.

“Seminar Keuangan Syariah menghadirkan pemateri Dr. H. Muhammad Suhaili Sufyan, MA, dan Syahrul. OA, S.Sos, MH” ujar Andika.

Andika menambahkan Forum Nasional Mahasiswa Keuangan Syariah (FORNAS MAKESYA) merupakan organisasi yang beranggotakan pimpinan mahasiswa perwakilan dari 15 Perguruan Tinggi se Indonesia yang memiliki Prodi Manajemen Keuangan Syariah.

Dalam kesempatan tersebut Wakil Dekan III FEBI IAIN Langsa, Assoc. Prof. Dr. Amiruddin Yahya Azzawiy, MA dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat dan sukses kepada seluruh pengurus yang dilantik, menurutnya berorganisasi merupakan hal yang sangat penting bagi mahasiswa, karena dengan berorganisasi dapat belajar sekaligus mempraktekkan kemampuan manajerial dan administrasi.

"Tapi jangan sekali-sekali melupakan Tri Dharma Perguruan Tinggi”, ujarnya.

"Hal ini merupakan intisari dari amanah yang diemban oleh sifitas akademika, dengan demikian seorang mahasiswa harus memiliki kemampuan untuk aktif secara akademis sekaligus secara organisatoris”, lanjutnya.

Doktor Emi menambahkan bahwa mahasiswa sebagai insan akademis harus terus menerus mengabdi kepada masyarakat.

“Dalam kerja-kerja pengabdian hendaklah para mahasiswa harus punya wawasan global meskipun kiprah dan kinerja yang dilakukan masih bersifat lokal. Para mahasiswa harus mampu “Think Globally and Act Locally”, imbuhnya. Selanjutnya ia berharap para pengurus FORNAS MAKESYA dapat menjadi salah satu perekat Keindonesiaan dan Kebhinekaan dalam Bingkai Keislamaan.

Sementara itu Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Kelembagaan IAIN Langsa Dr. H. Muhammad Suhaili Sufyan, MA mengharapkan dengan adanya Forum Nasional Manajemen Keuangan Syariah se Indonesia dapat mendorong akselerasi dan perkembangan keuangan syariah di Indonesia, disamping itu Suhaili berpesan agar forum ini dapat membawa keberkahan kepada Program Studi Manajemen Keuangan Syariah.

Walikota Langsa yang diwakili oleh Ali Musaffah, SE, Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan dalam sambutannya menyampaikan bahwa Pemerintah dan masyarakat Kota Langsa menyambut dengan antusias dan tangan terbuka atas kehadiran para peserta yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia, dia berharap kegiatan ini berjalan secara lancar dan meraih kesuksesan serta dapat menjadi media untuk meningkatkan sinergisitas keuangan syariah  di Indonesia.

Selain itu Ali Musaffah juga mengundang para peserta untuk mengunjungi berbagai destinasi wisata yang tersebar di beberapa lokasi di Kota Langsa.

Kegiatan yang mengambil tema “Optimalisasi Manajemen Keuangan Syariah dalam Mendorong Edukasi dan Kontribusi terhadap Percepatan Pengembangan Keuangan Syariah di Indonesia” ini turut dihadiri oleh para perwakilan Stakeholders FEBI IAIN Langsa dari unsur Forkompimda, BUMN/BUMD se Kota Langsa, Lembaga Keuangan Bank dan non Bank serta Ormas se Kota Langsa. (TM)