IAIN Langsa
UNIKI - IAIN Langsa Teken MoU

01 Juli 2020

Kota Langsa (humas) – Guna meningkatkan kualitas pendidikan, kampus Universitas Islam Kebangsaan Indonesia (UNIKI) Bireun melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa yang berlangsung di aula gedung perpustakaan kampus setempat, Rabu (1/7/2020).

Butiran MoU itu dituangkan dalam naskah Memorandum of Agreement (MoA) antar Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Langsa dengan Fakultas Keguran dan Ilmu Pendidikan UNIKI, Fakultas Syariah IAIN Langsa dengan Fakultas Hukum dan Syariah UNIKI serta Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Langsa dengan Fakultas Ekonomi UNIKI.

Ruang lingkup kerjasama yang akan dilakukan berupa penyelenggaraan pendidkan, penelitian, dan pelatihan, penyelenggaraan pengabdian kepada masyarakat dan peningkatan pengembangan kompetensi sumber daya manusia serta publikasi ilmiah.

Rektor Institut Agama Islam Negeri Langsa Dr. H. Basri, MA menyebutkan, MoU dan MoA yang dilakukan setiap lembaga pendidikan merupakan hal penting.

"MoU dan MoA berkaitan dengan Tridharma perguruan tinggi ini merupakan hal yang sangat penting dilakukan antar perguruan tinggi, kedepan kita akan terus tingkatkan kerjasama dengan perguruan tinggi baik di Aceh, luar Aceh dan luar negeri,"ujarnya.

Rektor IAIN Langsa berharap, kerjasama itu dapat diaktualisasikan oleh kedua lemabaga tersebut dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan bagi generasi bangsa.

Pada kesempatan itu, Rektor IAIN Langsa juga mengajak semua pihak untuk merespon wacana kampus merdeka yang akan sedang diwacakan oleh Kementerian Pendidikan.

Ditempat yang sama, Rektor UNIKI, Bireun Dr. H. Marwan, M. Pd meminta bimbingan dan arahan dari sivitas akademika IAIN Langsa untuk pengembangan pendidikan.

"Usia kami baru 1 tahun lebih, sebagai adaik yang baru berusia masih sangat muda perlu bimbingan, untuk itu kami terus belajar,"imbuhnya.

Rektor UNIKI juga akan mewacakan mahasiswanya untuk mengambil mata kuliah di IAI Langsa melalui pembelajaran daring.

"Kami belum ada Prodi PAI, kedepan mungkin ada matakuliah yang mahasiswa kami nanti bisa mengambil di IAIN Langsa lewat pembelajaran daring, nanti akan kita atur secara lanjutnya,"tandasnya.

Pihaknya juga berharap kedepan UNIKI dan IAIN Langsa terus bersinergisitas dalam penyelenggaraan Tri Dharma perguruan tinggi.(Syahrial)