IAIN LANGSA

IAIN Langsa
UKPM Zawiyah News IAIN Langsa Gelar PJTD 2022

Kota Langsa (Humas) – Unit Kegiatan Pers Mahasiswa (UKPM) Zawiyah News Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa menggelar Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar (PJTD) Tahun 2022 di Aula Barat kampus setempat, Kamis (28/7/22).

Ketua Umum UKPM Zawiyah News Safitri Nurul Hasanah melaporkan, kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari kedepan dan diikuti oleh 35 peserta yang merupakan perwakilan dari setiap program studi di IAIN Langsa.

Safitri menerangkan bahwa dilaksanakannya pelatihan ini untuk menggali potensi mahasiswa di bidang jurnalistik dasar.

“Kegiatan tahunan ini dilaksanakan untuk mengembangkan serta meningkatkan kompetensi mahasiswa di bidang jurnalistik,” ujarnya.

Adapun materi dalam pelatihan ini meliputi Dasar-Dasar dan Etika Penulisan, Materi dan Praktek Penulisan Straight News, Materi dan Praktek Fotografi Jurnalistik, serta Materi dan Praktek Videografi Jurnalistik.

Para pakar yang diundang untuk mengisi materi yakni Wartawan TV One Ilham Zulfikar, SH., Jurnalis Mongabay Indonesia Junaidi Hanafiah, dan Founder tamiangsatu.com Muhammad Nasir.

Pembina UKPM Zawiyah News Bahtiar, MA mengatakan bahwa kegiatan ini adalah sebuah langkah maju untuk mempersiapkan jurnalis yang berkompeten. Bahtiar mengharapkan dengan mengikuti pelatihan ini, para peserta dapat mempelajari dasar-dasar jurnalistik sebagai bekal terjun ke dunia wartawan.

“Saat ini banyak wartawan yang bukan basic jurnalis, maka diharapkan hasil dari pelatihan ini dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa IAIN Langsa dalam bidang jurnalistik agar dapat menjadi jurnalis yang berilmu,” jelasnya.

Membuka kegiatan, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Dr. Zainuddin, MA mengharapkan akan ada pelatihan lanjutan mengenai jurnalistik.

“Ini pelatihan jurnalistik tingkat dasar, diharapkan dapat berlanjut ke tingkat lanjutan agar ilmu jurnalistik yang dipelajari dapat dengan maksimal digunakan,” tandasnya.

Zainuddin juga mengharapkan para peserta pelatihan dapat menggunakan ilmu yang telah dipelajari untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan informasi IAIN Langsa khususnya.

“Mempelajari ilmu jurnalistik untuk menjadi jurnalis yang baik, ini akan memberikan citra yang baik tentang wartawan serta dapat mengambil kepercayaan masyarakat tentang pemberitaan. Semoga para peserta dapat memenuhi kebutuhan orang-orang di luar akan informasi mengenai IAIN Langsa,” tuturnya.

Kegiatan pembukaan turut dihadiri oleh Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Pemko Langsa Ali Mustafa, SE., Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Langsa M. Husin, S.Sos., MM., Kabag Akademik dan Kemahasiswaan IAIN Langsa Muhibuddin, M.Pd., serta Ketua Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) IAIN Langsa Sultan Ali.