IAIN Langsa
Tahun 2020, Rektor Ajak Sivitas Akademika Semangat Wujudkan Visi IAIN Langsa

06 Januari 2020

Kota Langsa (Humas) - Memasuki awal tahun 2020, Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa mengajak Sivitas Akademika untuk semangat mewudujkan visi lembaga yaitu "Menjadi pusat kajian keislaman yang berkarakter Lil Al-Amin,".

Demikian disampaikan Rektor IAIN Langsa Dr. H. Basri, MA saat memberikan amanat dalam apel bulanan yang dilaksanakan di halaman gedung Rektorat Kampus setempat, Senin (6/1/2020) pagi.

"Awal tahun 2020, sesuatu yang dimulai dari awal yang baru tentu kita memiliki semangat yang energik, semangat ini mari kita tempatkan untuk merenung cita-cita lembaga kita yang telah kita tetapkan dalam visi menjadi pusat kajian keislaman yang berkarakter rahmatan lil alamin,”ujarnya.

“Artinya, semangat, energi dan potensi diawal tahun ini mari kita berfikir menuju pada cita-cita visi IAIN Langsa,”tambahnya lagi.

Rektor mengatakan, IAIN Langsa merupukan salah satu perguruan tinggi yang ada di Aceh memiliki komitmen untuk menjadi peguruan tinggi yang maju, untuk mewujudkan cita tersebut, Rektor meminta seluruh komponen terkait untuk melaksanakan semua kegiatan sesuai dengan standar-standar yang telah ditetapkan, 

“Untuk mewujudkan IAIN maju, lakukanlan semua kegiatan sesuai dengan aturan yang berlaku maupun keputusan lain yang ditetapkan oleh Rektor, pimpinn Fakultas, pimpinan unit dan lembaga,”imbuhya.

Lanjut Rektor, kegiatan akademik, proses belajar mengajar, rencana belajar, pengaturan dosen, karya dan penelitian dosen serta dharma bakti kepada masyarakat, dijalankan sesuai dengan prosedur dan standar-standar yang telah ditetapkan.

“Sama halnya dengan bidang administasi umum dan keuangan, setiap penggunaan anggaran negara telah diatur secara ketat dan rapi, tidak ada istlah kebijaksanaan dalam anggaran, jika kita sadar terhadap standar dan prosedur dalam menggunakan keuangan tidak ada kata bijaksana, yang ada teks yang tertuang dalam DIPA dan RKA/KL,”terang Rektor.

Dengan demikian kesadaran terhadap aturan salah satu bentuk semangat pengabdian  dalam rangka mewujudkan IAIN Langsa maju.

“Semangat melaksanakan aturan sesuai dengan apa yang telah ditegaskan, salah satu aspek yang paling penting dan mendasar untuk mengantarkan IAIN maju di masa mendatang,”tandasnya.

Selain itu, untuk mejadi IAIN Langsa yang maju, Sivitas akademika harus mampu melahirkan alumni yang berkualitas dan professional.

“Alumni yang memiliki  kemampuan akademik yang tinggi, alumni yang mampu menterjemahkan imu-ilmu akademik sesuai dengan Prodi terhadap kebutuhan masyarakat, baik berkaitan dengan pendidikan islam, hukum islam,ilmu tafsir dan sebagainya,”tukas Rektor. (Syahrial)