Slot77 Situs Slot Deposit Pulsa Kingkong333
SIMBA ke X, Ajang Unjuk Prestasi dan Penguatan Kapasitas Mahasiswa

IAIN LANGSA

IAIN Langsa
SIMBA ke X, Ajang Unjuk Prestasi dan Penguatan Kapasitas Mahasiswa

Kota Langsa (Humas) - Silaturahmi Mahasiswa Bahasa Arab (SIMBA) Ke X yang berlansung di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa tidak hanya sebagai wadah silaturahmi namun juga sebagai ajang unjuk prestasi dan penguatan kapasitas mahasiswa. 

Pasalnya, SIMBA ke X Se Sumatera ini menghadirkan sejumlah kegiatan akademik dan perlombaan peningkatan sumber daya manusia, diantaranya  seminar internasional dan nasional,  perlombaan pidato bahasa Arab, puisi bahasa Arab, debat dalam bahasa arab, Ghina Arabi, Insyak Arabi, MQK, Kaligrafi, tahfizhul Qur'an dan Taqdimul Qishas.

"Tujuan kegiatan SIMBA selain mempererat ukhwah islamiyah, memperkuat jaringan mahasiswa bahasa Arab juga sebagai peningkatan kapasitas mahasiswa,"ujar ketua panitia SIMBA Ke X Roza Ikhwandar, Selasa (7/3/2023) di aula laboratorium IAIN Langsa.

Roza menyebutkan, kegiatan yang mengangkat tema "aktualisasi diri, gali potensi menuju mahasiswa bahasa Arab yang solid dan berprestasi" ini diikuti oleh 200 peserta eksternal yang terdiri dari utusan mahasiswa Perguruan Tinggi Keagamaan Isla Negeri Se Sumatera.

"Yang hadir disini adalah duta - duta kampus PTKIN mulai dari Lampung Samapi Aceh,"imbuhnya.

Dekan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) IAIN Langsa Dr. Zainal Abidin, MA mengatakan, acara yang dilaksanakan oleh jurusan bahasa Arab ini sangat penting dan bermakna, lewat kegiatan ini mahasiswa dapat mengasah keterampilan sesuai dengan disiplin ilmu yang akan mengantarkan mahasiswa dapat memahami dan mendalami ilmu pengetahuan.

"Bahasa Arab salah satu alat bagi kita untuk mengkaji naskah - naskah keilmuan yang bersumber dari teks Arab,"imbuhnya.

Rektor IAIN Langsa Dr. H. Basri, MA menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan tingkat sumatera dilakukan di IAIN Langsa. Rektor menyebutkan, pihaknya terus mendukung kegiatan - kegiatan kemahasiswaan sebagai salah satu upaya pengembangan keterampilan dan peningkatan wawasan keilmuan.

Rektor juga mengapresiasi kepada mahasiswa yang telah memilih jurusan pendidikan bahasa Arab, menurut rektor, bahasa Arab selain sebagai bahasa internasional juga sangat diperlukan untuk memahami teks Arab dan isi kandungan Alquran.

"Seiring dengan perkembangan teknologi, kita dapat mengikuti seminar internasional dengan mudah, tanpa penguasaan bahasa asing, dalam hal ini bahasa Arab, maka sulit bagi kita untuk bisa memahaminya, bahkan ibadah yang sehari - hari kita laksanakan juga menggunakan bahasa Arab, jadi tekunilah dan dalamilah bahasa Arab ini,"demikian imbuh rektor.