IAIN Langsa
Sambangi Prodi AS, Ini Kata Asesor BAN-PT

18 Mei 2016

[Langsa] Asesor dari Badan Akreditasi Nasional-Perguruan Tinggi (BAN-PT) memvisitasi Jurusan/Program Studi Hukum Keluarga Ahwal Asy-syakshiyyah (AS) Fakultas Syariah IAIN Langsa, Proses pemeriksaan borang Program Studi AS direncanakan mulai 18-20 Mei 2016  yang dilakukan oleh Tim Asesor BAN-PT, Dr.H.Mawardi Muhammad Saleh, Lc,MA dan Dr. Muhammad Taufiqi, MAg.

Muhammad Taufiq saat pertemuan dengan pihak kampus menandaskan, penilaian akreditasi tidak sulit, asal semua proses telah dijalankan dengan benar sesuai ketentuan yang tentunya hasil kerja sama semua pihak. “Jika proses telah sesuai, maka nilai akreditasi sangat mudah didapatkan sesuai target nilai tertinggi hingga nilai A sekalipun,” kata asesor, Rabu (18/05).

Dijelaskan dia, pengembangan IAIN Langsa ke depan, butuh kerjasama semua elemen yang ada di dalam tim. Baik dari di tingkat institut, fakultas, maupun jurusan. Alasan dia, pengembangan suatu lembaga bukan pekerjaan sehari, dan semingu, tapi butuh waktu bertahun-tahun. Untuk itu, harus ada kerjasama tim secara efisien.

Untuk pengembangan, menurut dia, bukan hanya dari aspek fisik saja, tapi, tapi peningkatan sumber daya manusia harus diutamakan. Hal ini, untuk memenuhi tangungjawab perguruan tinggi kepada masyarakat, sesuai amanat tridharma perguruan tinggi. Ia menekankan, pihak institut harus membuka akses dan ruang kepada mahasiswa untuk beraktifitas, dalam rangka meningkatkan sumber daya mereka. Seluruh sekat yang tertutup, harus dibuka, termasuk memberikan ruang kepada mahasiswa melakukan aktifitas di kampus secara totalitas. “Pengembangan IAIN Langsa butuh kerjasama. Saya berharap untuk lima tahun ke depan, IAIN Langsa mengalami peningkatan dan masyarakat merasakannya, sehingga animo masyarakat semakin meningkat untuk masuk di IAIN Langsa," harap dia.

Taufiqi menambahkan, tim asesor datang bukan untuk menghakimi, tapi datang sebagai teman. "Ibarat pisau cukur, tidak bisa kita yang lakukan, harus dibantu teman, kami datang untuk membantu," tandasnya.

Senada dengan Asesor, Wakil Rektor I Drs.H.Basri Ibrahim,MA sangat mengharapkan masukan dan saran dari tim, ia mengatakan bahwa IAIN Langsa terus memberikan yang terbaik untuk pengembangan kampus ke depan meskipun dengan berbagai tantangan dan keterbatasan yang ada, ”Kami terus berusaha sebaik mungkin meskipun terbatasnya sarana prasarana dan sumber daya manusia yang memadai,” ujar Basri. 

Sementara itu, Dekan Fakultas Syariah Dr.Zulfikar,MA, menyambut baik kedatangan Tim Asesor di fakultas tersebut. Ia mengatakan, fakultas yang dipimpinnya telah siap untuk menjalani proses visitasi dari BAN-PT. Seluruh perangkat telah disiapkan, tinggal menunggu pemeriksaan dari Tim Asesor BAN-PT saja. Selanjutnya, kalaupun ada hal-hal yang kurang, akan terus dibenahi.

Ia berharap, dukungan dari seluruh pihak terus diberikan, mulai dari para dosen, maupun mahasiswa, sehingga proses akreditasi di fakultas ini dapat berjalan efisien, sebagaimana diharapkan nanti. “Saya berharap dukungan kepada pihak lembaga, untuk memenuhi segala kebetuhan akreditasi dalam menunjang akreditasi,” harap Zulfikar singkat. [Jml]