IAIN LANGSA

IAIN Langsa
Rumoh Jurnal IAIN Langsa Gelar Mubes II

Kota Langsa (Humas) – Rumoh Jurnal Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa menggelar Musyawarah Besar (Mubes) ke-II di Ruang Rapat LP2M, Jum’at (13/1/22).

Mubes dilaksanakan dalam rangka telah berakhirnya kepengurusan Rumoh Jurnal IAIN Langsa Periode 2021-2023. Mubes diikuti oleh seluruh Editor in Chief Jurnal IAIN Langsa.

Dalam Mubes ini akan diputuskan pengurus baru Rumoh Jurnal IAIN Langsa beserta target yang akan dicapai di dua tahun kedepan.

Pada kesempatan ini juga diserahkan Tanggung Jawab Connection: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat dari Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah (FUAD) ke Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) IAIN Langsa.

Ketua Rumoh Jurnal IAIN Langsa Periode 2021-2023 Rizky Andana Pohan, M.Pd menyebutkan selama dua tahun ini, Rumoh Jurnal telah menyelesaikan beberapa program diantaranya diklat jurnal nasional bekerjasama dengan LP2M IAIN Langsa, pedampingan 6 jurnal untuk akreditasi, dan bantuan penerjemahan tiga jurnal.

Ketua LP2M IAIN Langsa Dr. Sulaiman Ismail, M.Ag mengatakan jurnal yang dimiliki adalah sebuah aset yang harus dibesarkan, untuk mencapai tujuan itu, pihaknya akan selalu mendukung program kerja Rumah Jurnal.

“Jurnal ini diharapkan dapat membantu dosen meningkatkan keilmuannya. Maka dari itu jurnal yang sudah ada harus dibesarkan. LP2M dalam hal ini akan terus mendukung program kerja Rumoh Jurnal,” tandasnya.

Membuka Mubes, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Kelembagaan IAIN Langsa Dr. M. Suhaili Sufyan, MA dalam sambutannya mengungkapkan IAIN Langsa telah memulai untuk menaikkan kelas jurnalnya melalui pembentukan Rumoh Jurnal.

Melalui Rumoh Jurnal, jurnal-jurnal yang ada di IAIN Langsa diharapkan dapat terakreditasi hingga level tertinggi.

“Untuk mencapai target naik level maka perlu ada beberapa strategi yang harus digencarkan seperti penyamaan visi dengan fakultas, mengakreditasikan semua jurnal yang telah ada sebelum membentuk jurnal baru, call paper dalam bentuk seminar, dan memprioritaskan beberapa jurnal untuk didorong terindeks scopus,” ujarnya.

Suhaili juga menyampaikan rasa terima kasihnya atas dedikasi Rumoh Jurnal yang telah melakukan pendampingan terhadap jurnal-jurnal IAIN Langsa hingga menjadi terakreditasi.

Hasil Mubes terpilih Ketua Rumoh Jurnal Periode 2023-2025 M. Anzaikhan, S.Fil.I., M.A.