IAIN LANGSA

IAIN Langsa
Rektor IAIN Langsa Paparkan Peningkatan Kualitas Pendidikan Tinggi Bersama BAPPENAS RI

Kota Langsa (Humas) – Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa Dr. H. Basri, MA memaparkan peningkatan kualitas pendidikan tinggi bersama tim Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS) Republik Idonesia pada kegiatan FGD tematik Background Study Penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) 2025-2045 Bidang Pendidikan Tinggi di Biro Rektor UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Rektor IAIN Langsa, Rabu (28/9/2022) mengatakan, bersama pimpinan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) lainnya Rektor menyampaikan terkait konsep kebijakan, fokus prioritas, strategi, dan program serta indikator pembangunan pendidikan tinggi tahun 2025-2045. Salah satu isu strategis bidang pendidikan tinggi adalah Peningkatan Kualitas dan Daya Saing Pendidikan Tinggi.

Rektor menjelaskan, Rencana Induk Pembangunan (RIP) IAIN Langsa dibagi dalam sejumlah tahapan, tahun 2021 – 2025 berfokus pada peningkatan mutu tata kelola, adapun capaian yang akan diraih yaitu Akselerasi Guru Besar & Lektor Kepala, pemenuhan sarpras perkuliahan, Pemenuhan tenaga IT sesuai kebutuhan dan peningkatan anggaran pemerintah untuk perguruan tinggi.

“Tahapan ini alhamdulillah secara umum telah dicapai,”imbuhnya.

Sambung Rektor, di tahun 2026 – 2030, IAIN Langsa akan melakukan penguatan mutu kelembagaan, dengan target capaian, akselerasi penguatan mutu Tri Dharma Perguruan Tinggi, penguatan mutu tata kelola (good governance), akuntabilitas dan peningkatan citra publik Institusi berbasis digital, penguatan mutu penjaminan mutu, pengawasan Internal, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat berbasis digital, serta pemenuhan Sarpras berbasis digital.

Tahun 2031 – 2035, IAIN Langsa akan melakukan penguatan mutu layanan, mutu layanan ini diaktualisasikan dengan memberikan pelayanan berbasis Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) dan memaksimalkan potensi dana internal dan ekternal. Pada tahun 2036 – 2040, IAIN Langsa menargetkan sejumlah reputasi tingkat regional, seperti terlibat aktif dalam berbagai joint programme Tri Dharma Perguruan Tinggi se-Asia Tenggara, peningkatan kuantitas dan kualitas lembaga pendidikan bereputasi regional.

Sedangakan di tahun 2041 – 2045, RIP IAIN Langsa memiliki reputasi internasional dengan capaian target memiliki infra struktur berbasis IT, ICT & IoT standar internasional, memiliki reputasi Tri Dharma Perguruan Tinggi berstandar internasional.

Pada kesempatan itu Rektor juga menyampaikan gambaran Sumber Daya Manusia yang dimiliki oleh IAIN Langsa, isu krusial, potensi dan terobosan – terobosan yang dilakukan.

“Dalam FGD tersebut, yang cukup penting mendapat perhatian bagi PTKIN dalam pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi menghadapi era global yang sedang berkembang yaitu, pendidikan karakter pada pendidikan tinggi, arah penelitian sosial keagamaan yang dikembangkan,” ujar Rektor seraya menambahkan PTKIN dituntut untuk adanya distingsi (keunggulan) masing-masing yang dapat merespon perkembangan untuk menjawab kebutuhan masyarakat sesuai dengan kearifan lokal.