IAIN LANGSA

IAIN Langsa
Rektor IAIN Langsa Hadiri Rakernas Kementerian Agama

SEMARANG (Humas) -- Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa Prof. Dr. Ismail Fahmi Arrauf Nasution, MA, menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Kementerian Agama Republik Indonesia yang berlangsung di Semarang, Senin (5/2/2024).

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas yang meminta jajaran Kementerian Agama untuk melibatkan masyarakat luas dalam pelaksanaan program pembangunan di bidang agama.

"Pelaksanaan program 2024 agar tidak hanya melibatkan satuan kerja. Kemenag perlu menguatkan pelibatan stakeholders,"imbuh Gus Men.

Pelibatan umat penting, kata Gus Men, agar pelaksanaan program lebih efektif, bermanfaat, dan tepat sasaran. Menurutnya, pembangunan bidang agama bukan semata tugas pemerintah, tapi juga masyarakat.

Gus Men mencontohkan aspek peningkatan kualitas pendidikan agama dan keagamaan. Menag misalnya minta agar para pengelola Perguruan Tinggi Keagamaan (PTK) swasta, tidak hanya negeri, diajak duduk bersama untuk merumuskan langkah dan program strategis memajukan pendidikan.

"Konsolidasi PTKI, negeri dan swasta, sangat penting untuk mendiskusikan bersama upaya peningkatan kualitas pendidikan," sebut Gus Men.

Menyahuti hal tersebut, Rektor IAIN Langsa menyebutkan, dalam waktu dekat IAIN Langsa akan melaksakanan rapat kerja, hasil Rakernas nantinya akan akan dikonsolidasikan kepada sivitas akademika agar dapat diimplementasikan dalam penyelenggaran pendidikan.

Hal tersebut sebagai salah satu upaya percepatan pelaksanaan program yang telah digagas oleh Menteri Agama.

"Apa yang disampaikan oleh Gus Men, akan kita breakdown lagi nanti dalam rapat kerja IAIN Langsa,"ujar Rektor.

Rakernas diikuti 290 peserta yang hadir secara luring di Semarang. Selain itu, ada 10.024 satuan kerja (satker) yang mengikuti pembukaan secara daring. Mereka adalah para Kepala Kankemenag Kab/Kota, Kepala Balai/Loka Diklat, Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT), Kepala Madrasah, serta Kepala Kantor Urusan Agama (KUA).