IAIN LANGSA

IAIN Langsa
Rektor IAIN Langsa Buka Syariah Competition Jilid VII

Kota Langsa (Humas) – Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa Dr. H. Basri, MA resmi membuka kegiatan Syariah Competition Jilid VII, Senin (13/6/22).

Kegiatan yang digelar oleh Organisasi Kemahasiswaan (Ormawa) Fakultas Syariah (Fasya) IAIN Langsa ini akan dilangsungkan selama tiga hari mulai 13 hingga 15 Juni 2022 mendatang di halaman gedung Fasya.

Ketua Dewan Eksekutif Mahasiswa Fasya Muhammad Reza mengatakan bahwa Syariah Competition ini merupakan kegiatan tahunan yang diadakan oleh Ormawa Fasya yang diisi dengan perlombaan bidang hukum, olahraga, dan seni antar mahasiswa meliputi Cerdas Cermat Syariat Islam, Debat Hukum, Orasi Ilmiah, Pop Solo Islami, MTQ, Musabaqah Hifzhil Qur’an, Puitisi Al-Qur’an, Catur, Futsal, Badminton, dan Bazar.

Dalam sambutannya, dekan Fasya Dr. Zulfikar, MA menyebutkan, kegiatan ini dilaksanakan untuk mengasah kemampuan mahasiswa Fasya IAIN Langsa, khususnya di bidang hukum.

“Melalui kegiatan ini, keterampilan hukum mahasiswa menjadi lebih terasah. Seperti adanya perlombaan debat hukum, sehingga nantinya mahasiswa tidak canggung lagi dengan penerapan hukum,” ujarnya.

Zulfikar juga menginginkan para juara dari perlombaan Syariah Competition ini dibina lebih lanjut oleh Laboratorium Fasya untuk mempersiapkan mereka dalam kompetisi di bidang yang sama pada tingkatan yang lebih tinggi lainnya seperti tingkat provinsi, nasional, hingga internasional.

Pada kesempatan yang sama, Rektor IAIN Langsa Dr. H. Basri, MA sangat mengapresiasi kegiatan ini karena telah mengimplementasikan perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) dalam aktifitas akademik serta langsung mempraktekkan apa yang sudah dipelajari di dalam kelas.

“Apa yang sudah dipelajari selama ini sebagai teori, maka melalui kegiatan ini para mahasiswa dapat langsung mempraktekkan ilmu tersebut dan melatih mahasiswa untuk tampil di ruang lingkup yang lebih luas,” tandasnya.

Rektor juga mengharapkan kegiatan seperti ini dapat dilaksanakan secara berkelanjutan demi mendukung mahasiswa untuk berinovasi dan berkreasi sehingga dapat menghasilkan mahasiswa-mahasiswa berbibit unggul.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Kota (DPRK) Langsa, Maimul Mahdi, S.Sos. Ketua DPRK Langsa yang juga alumni IAIN Langsa ini dalam sambutannya mengharapkan kegiatan ini bukan hanya sekedar kompetisi tapi juga sebagai ukhuwah dan motivasi untuk para mahasiswa.

“Kami sangat mengapresisasi para mahasiswa yang telah mengadakan kegiatan ini, dan kegiatan ini bukan hanya sekedar kompetisi tapi juga sebagai penjalin ukhuwah dan motivasi untuk terus berinovasi,” imbuhnya.

“Karena untuk memajukan bangsa tidak terlepas dari dukungan mahasiswa, maka mari saling bersinergi untuk masa depan bangsa yang maju,” tutupnya.

Acara pembukaan Syariah Competition diakhiri dengan pemotongan pita sebagai tanda telah dibukanya kegiatan ini.