IAIN LANGSA

IAIN Langsa
Rektor IAIN Langsa Ajak Pengelola Jurnal Tingkatkan SDM

Kota Langsa (Humas) – Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa Dr. H.Basri, MA mengajak pengelola jurnal untuk terus meningkatkan sumber daya manusia (SDM) dalam melakukan tata kelola yang lebih baik lagi.

Demikian disampaikan Rektor saat membuka acara Diklat Pengelolaan Jurnal Tingkat Dasar dan Menengah Bagi Pengelola Jurnal IAIN Langsa yang berlangsug secara virtual, Rabu (14/9/2022).

Menurut Rektor, jurnal ilmiah merupakan media yang digunakan untuk mempublikasikan berbagai hasil penelitian para akademisi, hal ini memberikan kontribusi untuk pengembangan ilmu pengetahuan, selain itu, jurnal ilmiah juga akan mengkomunikasikan data, informasi, pemikiran akademisi yang dijadikan syarat untuk meningkatkan karir dosen di perguruan tinggi.

“Bagitu pentingnya jurnal ilmiah pada perguruan tinggi, maka pengelola jurnal dapat menyusun rencana strategis dan prosedur publikasi ilmiah untuk meningkatkan produktifitas jurnal ilmiah yang berkualitas dan bidang ilmu yang dipablis mampu merespon isu – isu aktual yang berkembang, maka perguruan tinggi perlu meningkatkan mutu pengelola jurnal ilmiah,”imbuh Rektor.  

Rektor juga berpesan, perubahan paradigma pengelola jurnal ilmiah yang dulunya berbasis cetak kini berbasis elektronik harus disahuti dan diikuti oleh kemampuan SDM penulis dan pengelola jurnal ilmiah, hal ini akan berguna untuk proses publikasi jurnal ilmiah yang dapat diakses secara cepat oleh masyarakat.

“Kami manyambut baik kegiatan ini dan memberikan apresiasi yang cukup tinggi, karena bertambah mutu pengelolaan jurnal ilmiah di IAIN Langsa, baik dari aspek manajemen pengelolaan, standar – standar artikel ilmiah, kualitas penelitian maupun hal – hal teknis dalam pengelolan jurna yang pada akhirnya jurnal kita terindex pada lembaga reputasi internasional (scopus), ”tandas Rektor.

Sebelumnya, ketua Rumoh Jurnal IAIN Langsa Rizky Andana Pohan, M. Pd menyebutkan, diklat yang berlangsung selama dua hari ini diikuti oleh 70 peserta dengan menghadirkan sejumlah pemateri, diantaranya Dr. Kurniawati Hastuti Dewi, MA, peneliti senior pusat riset politik BRIN, Dr. Phil. Khoirun Niam, editor in chief jurnal of Indonesian Islam, Prof. Dr. Yunisrina QismullahYusuf, S. Pd, M. Ling, editor in chief jurnal SIELE, Yoga Dwi Arianda, ST selaku Koordinator Jurnal Ilmiah dan Publikasi Ilmiah Ditjen Diktiristek, Kemendikburistek, Junior Hendri Wijaya,M. IP dan Andri Putra Kesmawan,M. IP dari Relawan Jurnal Indonesia.