IAIN LANGSA

IAIN Langsa
Raih Gelar Profesor, Rektor IAIN Langsa Sampaikan Apresiasi

Kota Langsa (Humas) - Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa Dr. H. Basri, MA, Kamis (28/7/2022) menyampaikan apresiasi kepada dosen IAIN Langsa Prof. Dr. Iskandar Budiman, MCL yang meraih Guru Besar Bidang Ilmu Fiqih Mu'amalah.

Rektor menjelaskan, Guru Besar merupakan Jabatan Akademik tertinggi tenaga pengajar pada perguruan tinggi (UU No. 2 tahun 2005) tentang Guru dan Dosen. Artinya jabatan fungsional Guru Besar hanya dapat diperoleh oleh dosen yang masih aktif mengajar di perguruan tinggi.

"Gelar Guru Besar diperoleh bagi dosen yang telah memiliki kualifikasi akademik yang telah ditentukan menurut peraturan Perundangan-Undangan yang berlaku,"imbuh Rektor.

Rektor menyebutkan, Guru Besar pada hakikatnya seorang pendidik di perguruan tinggi sekaligus peneliti yang hasil penelitiannya menjadi wujud kongkrit pengabdian bidang akademis yang dapat dimanfaatkan untuk kemanjuan pendidikan, meningkatkan kualitas hidup dan pembentukan peradaban umat.

"Alhamdulillah pada IAIN Langsa telah memiliki Guru Besar kedua, yang profesional keilmuannya dibidang Fiqih Muamalah, adalah Prof. Dr. H. Iskandar Budiman, MCL. Dosen pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) IAIN Langsa yang mempunyai tugas tambahan sebagai dekan pada fakutas tempat pengabdiannya," terang Rektor.

Lebih lanjut Rektor mengatakan, sebagai dosen dengan gelar akademik tertinggi ini memiliki kewajiban khusus untuk melahirkan karya ilmiah serta memperluas gagasannya untuk mencerahkan kehidupan masyarakat, dan istimewanya Guru Besar akan memiliki karya ilmiah monumental dibidang keahliannya untuk merespon tuntutan perkembangan ilmu pengetahuan dan menjawab persoalan umat serta menjadikan semangat yang senantiasa membangkitkan inspirasi baru dalam melahirkan kraya-karya ilmiah yang cemerlang untuk kemajuan dan era baru masyarakat.

"Sebagai Rektor beserta seluruh sivitas akademika IAIN Langsa menjadi sebuah kebanggaan dan kemajuan lembaga dengan bertambah Guru Besar pada IAIN Langsa, maka kami menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Prof. Dr. H. Iskandar Budiman, M.CL. yang telah meraih jabatan tetinggi akademik sebagai Guru Besar di bidang Fiqih Muamalah, ini diperoleh atas semangat perjuangan dan dedikasi yang tinggi yang telah ditunjukkan kepada IAIN Langsa melalui pendidikan dan produktifitas karya ilmiahnya sebagi bentuk pengabdian kepada masyarakat,"tandas Rektor

Guru Besar Fiqih Muamalah sangat dibutuhkan oleh masyarakat sebagai daerah pelaksanaan syari'at Islam dalam segala sendi kehidupan masyarakat, apalagi dengan implementasi Lembaga Keuangan Syariah (LKS) melalui Qanun Nomor 11 Tahun 2018, tentang Lembaga Keuangan Syariah. Kehadiran Guru Besar Fiqih Muamalah sangat urgen dan dinanti-natikan oleh seluruh elemen masyarakat Aceh dan Indonesia pada umumnya untuk merespon berbagai persoalan yang berkembang dan berkaitan dengan keuangan syariah dalam masyarakat yang akan memberikan jawaban kongkrit melalui kajian metodologi yang tepat dengan berbagai alternatif ilmiah yang ditawarkan.

Guru Besar menjadi kebanggaan perguruan tinggi, menaruhkan harapan menjadi lebih maju, berkembang dan menuju unggul, sebagai pimpinan menyampaikan selamat kepada Prof. Dr. H. Iskandar Budiman, MCL, semoga menjadi teladan bagi sivitas akademika IAIN Langsa.

"Mudah-mudahan para dosen lainnya terinspirasi untuk memperoleh jabatan tetinggi akademik menjadi Guru Besar, yang merupakan karir bagi semua dosen yang harus dicita-citakan melalui upaya yang semangat, dedikasi yang tinggi dan penuh dispilin dalam menjalankan tugas akademiknya di perguruan tinggi,"demikian ujar Rektor.