IAIN Langsa
PWI Langsa Gelar Peringatan HPN 2021, Rektor IAIN Langsa Terima Penghargaan

16 Februari 2021

Kota Langsa (Humas) – PWI (Persatuan Wartawan Indonesia) Kota Langsa menggelar acara Peringatan Semarak Hari Pers Nasional (HPN) Tahun 2021 dan Hari Ulang Tahun PWI Ke-75 di Aula Barat kampus IAIN Langsa, Selasa (16/2/21).

Menjadi tempat pelaksanaan acara tersebut, Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa Dr. H. Basri, MA., yang diwakili oleh Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga Dr. H. M. Suhaili Sufyan, Lc., MA., menerima penghargaan dari PWI Kota Langsa atas partisipasi dan dukungan penuh dalam mensukseskan perhelatan semarak Hari Pers Nasional (HPN) Tahun 2021 tingkat Kota Langsa.

Turut hadir dalam acara ini Wakil Walikota Langsa, Dr. H. Marzuki Hamid, MM., Dandim 0104/Aceh Timur, Kapolres Langsa, Kajari Langsa, Anggota DPRA, Kepala Bank Aceh KC Langsa, Manager PLN UP3 Langsa, Direktur PTPN, Kepala Sekolah SD Muhammadiyah, Danki 2 Batalion B Pelopor Sat Brimob Polda Aceh, dan Kepala UDD PMI.

Acara ini merupakan acara puncak dari serangkaian kegiatan yang dilaksanakan oleh PWI Kota Langsa dalam memeriahkan Hari Pers Nasional (HPN) dan Hari Ulang Tahun PWI Ke-75 yang jatuh pada tanggal 9 Februari lalu. Dalam laporannya, ketua panitia acara tersebut, Syahrial mengatakan bahwa PWI telah melaksanakan Lomba Karya Jurnalistik yang diikuti oleh para wartawan di Kota Langsa, Donor Darah, Family Gathering, PWI Award, dan juga Focus Group Discussion (FGD).

“Focus Group Discussion ini bertemakan Jurnalis dalam Bayang-Bayang Pidana, ini merupakan salah satu langkah peningkatan kapasitas SDM wartawan sehingga dalam menjalankan tugas dan fungsinya sebagai jurnalis, para wartawan memiliki rambu-rambu dengan harapan tidak lagi terjadi hal yang dapat merugikan wartawan itu sendiri,” jelasnya.

Ketua Pengurus PWI Kota Langsa, Putra Zulfirman mengungkapkan alasan kegiatan ini dilaksanakan di kampus IAIN Langsa karena IAIN Langsa merupakan salah satu kampus yang memiliki Program Studi jurnalistik, yakni Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) yang telah didukung oleh fasilitas dan sumber daya manusianya yang mumpuni.

“Kita ingin mendorong IAIN Langsa untuk terus menghasilkan lulusan dari Prodi KPI agar bisa berkontribusi penuh terhadap pembangunan pers di Indonesia,” jelasnya.

Putra juga menyatakan bahwa lulusan IAIN Langsa yang telah berkontribusi di dunia pers, sangat produktif dan berkompetensi.

Wakil Walikota Langsa, Dr. H. Marzuki Hamid, MM., mengucapkan selamat Hari Pers Nasional kepada seluruh keluarga besar wartawan yang bertugas di Langsa.

“Kami mengajak insan pers untuk tetap semangat mengabarkan pemberitaan dan memberikan kotribusi positif di kota Langsa,” tandasnya.

Acara diakhiri dengan pengumuman dan penyerahan hadiah pemenang Lomba Karya Jurnalistik serta penyerahan penghargaan PWI Award.(Dipa)