IAIN LANGSA

IAIN Langsa
Puskesmas Langsa Lama Beri Pemeriksaan Gratis Kapada Sivitas Akademika IAIN Langsa

Kota Langsa (Humas) - Dalam rangka memperingati hari HIV/AIDS sedunia, Puskesmas Langsa Lama memberikan pemeriksaan gratis kepada sivitas akademika IAN Langsa yang berlangsung di aula barat kampus setempat, Kamis (1/12/2022).

Pemeriksaan kesehatan ini diikuti oleh dosen, tenaga kependidikan dan mahasiswa. Kepala Puskesmas Langsa Lama Erizal, S. Km, M. Kes menyebutkan, pemerintah menargetkan pada tahun 2030 Indonesia bebas dari HIV/AIDS.

Hal ini akan terjadi jika masyarakat dapat menyadari akan bahanya penyakit HIV/AIDS.

"Lewat peringatan ini diharapkan Sivitas Akademika IAIN Langsa menjadi garda terdepan dalam mencegah HIV/AIDS di Kota Langsa,"ujarnya.

Erizal menambahkan, untuk Kota Langsa dan Aceh Tamiang angka HIV/AIDS tergolong tinggi di Provinsi Aceh.

"Hari ini kita juga melakukan sosialisasi tentang HIV/AIDS, semoga bisa menambah pengetahuan bagi mahasiswa yang hadir disini untuk kemudian dapat diteruskan kepada teman - teman yang lain,"tukasnya.

Erizal juga menyampaikan terima kasih kepada IAIN Langsa yang telah bersinergi dalam beberapa kegiatan kesehatan.

"Hari ini kita akan melakukan pemeriksaan gula darah, kolestrol dan asam urat,"ujarnya.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Dr. Zainuddin, MA mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh Puskesmas Langsa Lama.

Zainuddin menjelaskan, selama ini Puskesmas Langsa Lama telah banyak berpartisipasi untuk memberikan layanan kesehatan bagi IAIN Langsa.

Zainuddin berharap, kerjasama ini dapat terus ditingkatkan sebagai upaya penguatan lembaga dalam memberikan edukasi kesehatan. Peringatan HIV/AIDS tahun ini mengusung tema "satukan langkah, cegah HIV, semua setara akhiri AIDS".

Pada kesempatan itu juga dilakukan pemaparan kesehatan tentang pemeriksaan kesehatan HIV/AIDS yang disampaikan oleh dr. Nurrul Asni.