IAIN LANGSA

IAIN Langsa
Prodi Psikologi Islam IAIN Langsa Gelar Kuliah Umum Kesehatan Mental

Kota Langsa (FUAD) - Program Studi (Prodi) Psikologi Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa menggelar kuliah umum terkait kesehatan mental dalam perspektif Islam, Selasa (15/11/22).

Kuliah umum tersebut disampaikan oleh Wakil Dekan Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh, Dr. Safrilsyah, S.Ag., M.Si.

Mengawali kegiatan kuliah umum, Ketua Program Studi Psikologi Islam, Dedy Surya, M.Psi. menjelaskan bahwa kesehatan mental selalu menjadi isu yang menarik perhatian dan hangat diperbincangkan.

“Dalam kuliah umum kali ini, akan dibahas isu kesehatan mental ditinjau dalam sudut pandang Islam,” ujarnya.

Dalam materinya, Safrilsyah menjelaskan bahwa kasus-kasus kesehatan mental mengalami kenaikan tren seiring dengan kemajuan teknologi dan informasi.

“Dulu, isu-isu kesehatan mental hanya berkaitan dengan relasi antar teman, serta hubungan orang tua dan anak. Namun seiring berkembangnya teknologi, problematika mental health meluas dan didominasi dengan kasus-kasus yang berkaitan dengan gadget karena hampir semua generasi Z memiliki gadget di tangan. Game addiction, FoMO (Fear of Missing Out) kini menjadi isu yang hangat diperbincangkan.” Jelas Safrilsyah.

Kegiatan ini merupakan hasil dari implementasi Memorandum of Agreement (MoA) antara Prodi Psikologi Islam Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD) IAIN Langsa dengan Prodi Psikologi Fakultas Psikologi UIN Ar-Raniry.

Kuliah umum ini diikuti oleh mahasiswa Prodi Psikologi Islam.(Dedy/Hm)