IAIN Langsa
Prodi PAI IAIN Langsa Gelar Pelatihan Pengelolaan Laboratorium

12 Oktober 2021

Kota Langsa (Humas) – Program Studi (Prodi) Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa menyelenggarakan pembukaan Pelatihan Pengelolaan Laboratorium PAI di Aula Barat kampus setempat, Selasa (12/10/21).

Kegiatan dibuka langsung oleh Rektor IAIN Langsa Dr. H. Basri, MA dan dihadiri oleh para Wakil Rektor IAIN Langsa, Dekan FTIK, para Wakil Dekan FTIK, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Kota Langsa, Perwakilan Kankemenag Kota Langsa, serta anggota Asosiasi Guru PAI Indonesia (AGPAII).

Pelatihan ini akan dilangsungkan selama tiga hari mulai tanggal 12 hingga 14 Oktober 2021 berlokasi di kampus IAIN Langsa, dengan jumlah total 40 peserta yang terdiri dari guru PAI tingkat SD, SMP, SMA, dan SMK yang berasal dari Kota Langsa sebanyak 26 guru, Kabupaten Aceh Timur 5 guru, Kabupaten Aceh Tamiang 4 guru, dan Kabupaten Aceh Singkil sebanyak 5 guru.

Selama tiga hari, para guru PAI akan mengikuti pelatihan dengan total 10 materi coaching yang dipandu  oleh pemateri-pemateri handal di bidangnya.

Tujuan dilaksanakan pelatihan ini seperti yang disampaikan oleh Dekan FTIK Dr. Zainal Abidin, MA dalam laporannya yakni agar para guru PAI dapat dengan maksimal memberikan ilmu PAI kepada peserta didiknya.

“Pelatihan ini didasari oleh keadaan di lapangan yang mana para guru belum maksimal dalam menyampaikan materi ajar sehingga para peserta didik sulit untuk mendapatkan esensi dari pembelajaran itu sendiri. Maka kita wadahi pelatihan yang menggunakan pendekatan laboratorium agar para guru dapat mentransfer ilmu kepada peserta didik dengan pengalaman konkrit,” ujarnya.

Selanjutnya Zainal menambahkan, dengan adanya kegiatan ini guru PAI dapat menerjemahkan tiga ranah pendidikan konigtif, psikomotorik, dan afektif agar bisa terserap oleh peserta didik dengan mudah.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Kota Langsa Supriariadi, S.Pd yang turut hadir dalam pembukaan kegiatan ini memberikan apresiasi yang luar biasa untuk pelaksanaan pelatihan yang dihadiri oleh peserta dari berbagai daerah di tengah keadaan yang sulit ini.

“Kegiatan yang luar biasa di tengah-tengah situasi pandemi ini semoga dapat dimanfaatkan oleh para peserta untuk menjadi rahmatan lil ’alamin baik bagi organisasi maupun diri sendiri. Target dari mengikuti kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kompetensi agar dapat dengan efisien memenuhi jam mengajar,” tandasnya.

Membuka kegiatan, Rektor IAIN Langsa dalam sambutan dan arahnanya mengatakan bahwa sebagai guru, tidak hanya bertugas mengajar tapi juga bertugas meningkatkan dan memperbaharui keilmuan dengan mengikuti berbagai kegiatan dan pelatihan.

“Menjadi guru harus dinamis. Karena budaya dan gaya interaksi terus berkembang mengikuti zaman. Terlebih di masa pandemi kita semua dituntut untuk dapat menggunakan teknologi agar dapat berjalannya aktifitas sehari-hari. Begitu juga guru, harus mengupdate keilmuannya agar peserta didik mendapatkan pembelajaran dengan tepat,” ujarnya.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan yang ketat.