IAIN Langsa
Polres Langsa Beri Sosialisasi Seragam dan Atribut Satpam IAIN Langsa

07 Januari 2021

Kota Langsa (Humas) – Polres Langsa menggelar sosialisasi mengenai Perubahan Seragam dan Atribut Satpam di lingkungan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa yang berlokasi di aula barat kampus setempat, Kamis (7/1/2021).

Kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Rektor II Bidang Administrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan IAIN Langsa Dr. H. Mohd. Nasir, MA., Karo AUAK Drs. Wardija, M.A.P., Kabag Umum Said Muhammad, S.Ag., M.Pd, Kanit Binkamsa Polres Langsa Ipda Dasril, S.H., dan Satuan Pengamanan (SATPAM) yang bertugas di lingkungan IAIN Langsa.

Dalam kata sambutannya, Wakil Rektor II mengatakan bahwa perubahan adalah sesuatu yang wajar dan pasti, termasuk perubahan seragam dan atribut yang akan dipakai oleh satpam merupakan hal positif yang dapat menunjukkan identitas dan keberadaan satpam itu sendiri.

“Perubahan seragam dan atribut ini tentu bukan hanya mengenai perubahan casing (penampakan luar) saja, tetapi juga diharapkan dapat menunjukkan perubahan sikap diri menjadi lebih tertib dan disiplin dalam bertugas dan dalam kehidupan sehari-hari,” ujar Wakil Rektor II.

Sosialisasi yang diberikan oleh Ipda Dasril, S.H., menjelaskan poin-poin yang tertuang dalam Perpol Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pengamanan Swakarsa. Dalam penjelasannya, Ipda Dasril menerangkan mengenai definisi singkat keanggotaan satpam, tugas dan peran, golongan kepangkatan, pelatihan dan kompetensi, sanksi, serta gambaran pakaian dinas dan atribut anggota satpam.

Ipda Dasril mengatakan bahwa seragam dan atribut baru akan mulai diberlakukan dalam beberapa bulan kedepan sembari mempersiapkan keseragaman jenis bahan yang akan digunakan untuk seragam baru.

Selain itu, beliau juga menghimbau para satpam agar dapat bertugas dengan baik di lingkungan IAIN Langsa dengan tugas dan peran yang telah diberikan serta melakukan koordinasi dengan pihak kepolisian terkait tindak lanjut penyelesaian masalah keamanan dan ketertiban yang mungkin terjadi di kemudian hari.(Dipa/S)