IAIN Langsa
PNS IAIN Zawiyah Cot Kala Langsa Ikuti Asesmen

22 April 2016

[ Langsa ] Sejumlah Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Lingkungan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Zawiyah Cot Kala Langsa mengikuti asesmen kompetensi jabatan struktural, kegiatan tersebut dibuka oleh Kepala Biro Administrasi Umum, Akademik dan Keuangan (AUAK) Drs. H. Ibnu Sa’dan, MPd, Rabu (20/04/2016) di aula sebelah barat gedung Biro IAIN Zawiyah Cot Kala Langsa.

Salah seorang assesor dari Biro Kepegawaian Kementerian Agama RI Ali Nurdin mengatakan, tes asesmen ini dilaksanakan sebagai target dalam rencana pengembangan kompetensi, saat ini Kementerian Agama belum pada level untuk lelang jabatan, artinya masih melakukan pemetaan kompetensi.

“Hal itu agar ke depan Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjakat) lebih memiliki alasan yang profesional untuk mengangkat seorang pejabat di kampus, apalagi kampus ini telah berubah status dari STAIN menjadi IAIN dan masih ada beberapa jabatan yang kosong,” ujar Ali didampingi rekannya Dika Bahrul Ilmi.

Dia menambahkan, Asesmen ini perlu dilakukan kepada seluruh aparatur. Sebab asesmen yang dilakukan tidak sekedar untuk promosi dan rotasi jabatan namun juga sebagai dasar untuk menempatkan para pegawai sesuai dengan kompetensinya.

Kepala Biro AUAK Drs. H. Ibnu Sa’dan, MPd, menyebutkan, kegiatan ini berlangsung selama dua hari 20-21 April 2016 yang diikuti oleh 40 peserta, “Kita sudah lama merencanakan kegiatan ini, bahkan sampai 2 kali penundaan karena menyesuaikan jadwal dengan tim assesor dari Kemenag pusat, namun baru kali ini terlaksana,” ungkapnya.

Ia menambahkan. Para assesor terdiri dari 2 assesor dari Kemenag RI, 3 assesor dari luar kampus dan 3 assesor internal masing-masing Rektor, Wakil Rektor II, dan Kepala Biro AUAK. “Selama kegiatan ini peserta diuji dengan materi tes, antara lain ujian tulis dengan soal dari Kementerian Agama RI, Psikotes yang difasilitasi oleh tim asesor dari luar kampus, dalam hal ini diundang dari Unsiyah, selanjutnya tes wawancara,” ujar Ibnu Sa’dan didampingi Kasubbag Humas Mulyadi Nurdin.

Salah seorang peserta Assesment, Vivi Dahlia, SE mengaku sangat senang dengan keikutsertaannya pada kegiatan ini, menurutnya kegiatan ini baru pertama kali ia ikuti. "Kita dapat mengetahui kemampuan kita saat ini, pokoknya seru deh," ungkap Vivi yang saat ini bertugas di Subbag organisasi, kepegawaian dan penyusunan peraturan bagian umum Biro AUAK IAIN Zawiyah Cot Kala Langsa.

Sementara itu Rektor IAIN Zawiyah Cot Kala Langsa Dr.H.Zulkarnaini, MA mengaku sangat bersyukur telah dilaksanakan kegiatan ini, “Ini juga berguna memompa semangat pengabdian kepada lembaga dan mengetahui kompetensi masing-masing,” imbuh Rektor. [Jml]