IAIN Langsa
PGMI IAIN Langsa Adakan Sharing Session Mendongeng

11 Januari 2022

Kota Langsa (Humas) – Program Studi (Prodi) Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa menggelar kegiatan Sharing Session bersama mahasiswa Prodi PGMI di Aula FTIK, Selasa (11/1/22).

Sharing Session kali ini bertemakan “Meramu Ide Kreatif untuk Mendongeng Bersama Kak Ardian”.

Kegiatan yang diikuti oleh 60 mahasiswa PGMI ini diisi oleh Ardian Putra Nasution yang berasal dari Komunitas Pasukan Dongeng.

Ketua Prodi PGMI Rita Sari, M.Pd mengatakan kegiatan mendongeng ini diadakan untuk mengenalkan teknik mendongeng lebih dalam kepada mahasiswa PGMI karena teknik ini dapat menciptakan pembelajaran kreatif yang sesuai dengan anak usia MI/SD.

“Kegiatan mendongeng ini sesuai dengan yang diberitakan dalam Al-Qur’an dalam surah Al-Qasas dan ini berkaitan dengan teknik pembelajaran yang sesuai untuk anak usia MI/SD. Kita ingin mahasiswa mempelajari bagaimana teknik mendongeng dengan kreatif,” ujarnya.

Rita juga mengatakan kegiatan mendongeng juga dapat digunakan untuk menyampaikan petuah yang dikemas dengan ringan dan menyenangkan.

“Dengan mendongeng para pendidik dapat menyampaikan petuah dan pesan kepada peserta didik dengan asik dan ringan sehingga mudah masuk ke hati dan ingatan para peserta didik karena panca indera pendengaran mereka sudah distimulus dengan hal-hal yang baik, misalnya karakter dermawan (bersedekah), jujur, amanah, dan lainnya dapat tersampaikan dengan mudah melalui kisah atau cerita,”lanjutnya.