IAIN Langsa
Pertama Kalinya, IAIN Langsa Laksanakan Wisuda Secara Daring

27 Oktober 2020

Kota Langsa (Humas)  – Untuk pertama kalinya, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa, Sesala (27/10/2020) melaksanakan wisuda secara Dalam Jaringan (Daring) yang berlangsung di aula Labiratorium kampus setempat.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembagan Kelembagaan Dr. H. Muhammad Suhaili Sufyan, MA dalam laporannya menyebutkan, wisuda online ini diikuti oleh 410 peserta yang terdiri dari Prodi PAI 49 orang, Prodi Bahasa Arab 14 orang, Prodi Pendidikan Matematika 34 orang, Prodi Pendidikan Bahasa Inggris 33 orang, Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah 12 orang, Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini 11 orang, Prodi Hukum Ekonomi Syariah 38 orang, Prodi Hukum Keluarga Islam 19 orang, Prodi Hukum Tatanegara Islam 14 orang, Prodi Hukum Pidana Islam 8 orang, Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam 17 orang, Prodi Bimbingan dan Konseling Islam 44 orang, Prodi  Ilmu Al-Quran dan Tafsir 17 orang, Prodi  Perbankan Syariah 79 orang, dan Prodi Ekonomi Syariah 4 orang.

Sementara untuk program Magister terdiri dari, Prodi Hukum Ekonomi Syariah 3 orang, Prodi Hukum Keluarga Islam 2 orang dan Prodi Pendidikan Agama Islam 12 orang. 

Rektor IAIN Langsa Dr. H. Basri, MA mengatakan, momen wisuda merupakan suatu yang ditunggu-tunggu karena sebagai bukti capaian pendidikan yang menjadi sejarah dalam kehidupan seseorang. Bagi IAIN Langsa, Prosesi wisuda kali ini secara Virtual ini merupakan momen terbaik karena dapat menunjukkan peran Perguruan Tinggi yang tiada henti dalam kondisi apa pun , termasuk kondisi Covid-19. 

“Ini berarti IAIN Langsa sebagai Institusi Pendidikan Tinggi Tetap melaksanakan Tridarma Perguruan Tinggi dalam melahirkan sarjana yang merupakan generasi bangsa yang akan berkontribusi dalam pembangunan masyarakat dan bangsa di masa depan,”jelas Rektor.

Lebih lanjut Rektor mengatakan, Wisuda virtual ini tentu menimbulkan ketidakpuasan bagi wisudawan dan keluarganya sebab tidak dapat merasakan suasana wisuda sebagaimana biasa, sekalipun demikian setidaknya momen ini menjadi sejarah penting dalam perjalanan hidup yang memberi arti tersendiri bagi orang yang beriman, tentu akan bermuhasabah

“Menjadi hamba Allah yang selalu melakukan Introspeksi dan Evaluasi terhadap diri sendiri untuk mengambil hikmah terhadap suasana ini dan dapat meningkatkan amal serta kualitas iman kita kepada Allah Subhana Wata’ala,”tandas Rektor.

Pada wisuda tersebut,  Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Diktis) Kementerian Agama RI Prof. Dr. Suyitno, M. Ag menyampaikan orasi ilimiah yang bertajuk Kerativitas Ditengah Pandemi Untuk Mewujudkan Sarjana Penggerak Masyarakat secara virtual.(Syahrial)