IAIN Langsa
Pelaksanaan KPM IAIN Langsa Ditutup

22 April 2021

Kota Langsa (Humas) -  Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa menggelar kegiatan Anugerah Peserta Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) Terbaik dan Penutupan KPM Semester Genap 2020/2021 secara virtual melalui aplikasi Zoom Meeting, Kamis (22/4/2021) pagi.

Kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Pengembangan Kelembagaan Dr. H. M. Suhaily Sufyan, MA., Ketua LP2M Dr. H. Sulaiman Ismail, M.Ag., panitia penyelenggara dari LP2M, Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), peserta KPM, serta media online mitra publikasi karya peserta KPM.

Kapus PkM Anwar, M.Kom.I dalam laporannya menyebutkan pada semester ini, terdapat 938 peserta yang mengikuti KPM, mengutus sebanyak 113 DPL, dan dilaksanakan dalam kurun waktu 45 hari terhitung dari pembekalan hingga penyusunan laporan.

Kegiatan KPM kali ini juga terasa berbeda dari tahun sebelumnya dikarenakan adanya pandemi mengharuskan panitia mengubah model KPM yang dapat dilaksanakan, seperti yang disampaikan oleh Ketua LP2M Dr. H. Sulaiman Ismail, M.Ag dalam sambutannya.

“Ketika dulu KPM dilaksanakan secara langsung dengan terjun berbakti ke dalam masyarakat, maka sekarang dikarenakan pandemi maka harus dilaksanakan secara mandiri dari rumah dan memanfaatkan media sosial,” ujarnya.

Sulaiman menyebutkan ada tiga model KPM yang digunakan pada semester ini yakni KPM DR Berbasis Media Sosial, KPM DR Berbasis Program Studi, dan KPM Kerja Sosial. Sekitar 60% peserta memilih KPM Kerja Sosial yakni sebanyak 535 mahasiswa, 35% peserta memilih KPM DR Berbasis Media Sosial yakni sebanyak 373 mahasiswa, dan sisanya memilih KPM DR Berbasis Program Studi.

Di akhir kegiatan, Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Pengembangan Kelembagaan Dr. H. M. Suhaily Sufyan, MA dalam kata sambutan sekaligus menutup kegiatan menyatakan apresiasi yang sangat luar biasa kepada seluruh peserta KPM yang telah menghasilkan karya-karya menakjubkan diluar ekspektasi. Kemudian mengapresiasi panitia penyelenggara serta DPL yang telah membimbing peserta dengan maksimal.

We are proud of you. Selamat kepada seluruh peserta dengan karya-karya terbaiknya. Jadikan ini sebagai pemicu dan titik awal berprestasi pada tingkat yang lebih tinggi dan tetap semangat untuk berkarya,” pesannya.(ID)