IAIN Langsa
Pandemi Covid 19, IAIN Langsa Raih Beragam Prestasi Akademik

27 Oktober 2020

Kota Langsa (Humas) – Meski Covid 19 masih melanda negeri ini, namun tidak membuat IAIN Langsa berdiam diri, selama Covid 19, IAIN Langsa meraih beberapa prestasi,diantaranya bertambahnya jumlah tenaga pengajar yang lulusan Doktor, Publikasi Ilmiah Dosen dan Mahasiswa, Jurnal Ilmiah yang memiliki Shinta, Prestasi Akademik dan Seni Mahasiswa tingkat Nasional dan prestasi-prestasi lainnya dalam bidang akademik, kelembagaan dan kemahasiswaan.

Demikian disampaikan Rektor Institut Agama Islam Negeri Langsa Dr.H. Basri, MA dalam sambutannya pada acara wisuda Sarjana Satu dan Magister yang berlangsung seara Dalam Jaringan (Daring) alias online, Selasa (27/10/2020).

Selain itu, Sambung Rektor, IAIN Langsa juga mencatat sejarah baru, karena telah dapat mewisuda Mahasiswa Magister (S2).

“Artinya IAIN Langsa telah sukses menyelenggarakan Pendidikan Pasca Sarjana, tentu ini merupakan sebuah prestasi akademik yang diperoleh dari sebuah perjuangan Panjang,”ujar Rektor.

Lanjut Rektor, dengan lulusan Magister ini lembaga telah memberi kontribusi yang lebih berkualitas di bidang pendidikan dan keagamaan kepada Masyarakat dan Negara untuk pembangunan Peradaban Umat.

“Kami sangat mengharapkan kepada para sarjana jangan Berhenti untuk belajar, lanjutkan pendidikan ke jenjang berikutnya, S2 dan S3, dan bila tidak menempuh pendidikan formal, belajar secara non formal, ilmu sangat berguna untuk masa depan saudara para sarjana,”pesan Rektor.

Sementara itu, Wali Kota Langsa Usman Abdullah, SE mengatakan, wisuda merupakan momentum yang sangat baik karena perguruan tinggi di Kota Langsa telah berhasil melaksanakan program strata dua, Insya Allah kedepan kita harapkan dengan semakin banyaknya dosen dilingkungan IAIN Zawiyah Cot Kala Langsa yang telah menyelesaikan program Pendidikan Doktoral dapat membuka program strata tiga(S3), Pemerintah Kota Langsa berkomitmen untuk mendorong peningkatan kualitas pendidikan ini .

Komitmen itu diwujudkan dalam bentuk membangun sarana pendukung dan infrastruktur dilingkungan dua kampus Jantong Hatee warga Langsa di Gampong Meurandeh ini.

"Tahun ini kita telah membangun pelebaran jalan yang insya Allah tahun depan sampai ke depan kampus kita, sehingga keberadaan kampus IAIN Zawiyah Cot Kala Langsa tidak tertutup lagi dengan kampus Universitas Samudra yang ada di depannya,"tukasnya.

Kita berharap pembangunan kedua kampus di Gampong Meurandeh ini akan mengikuti pola pembangunan kampus di Darussalam Banda Aceh, sehingga kedua kampus ( IAIN Zawiyah Cot Kala Langsa,dan Universitas Samudra akan terlihat megah sejak dari pintu gerbangnya,"tambahnya lagi.(Syahrial)