IAIN Langsa
Menag Harap Maba IAIN Langsa Mampu Menjadi Agen Moderasi Beragama

01 September 2021

Kota Langsa (Humas) – Mahasiswa Baru (Maba) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa  diharapkan mampu menjadi agen moderasi beragama ditengah kehidupan bermasyarakat.

Demikian disampaikan Menteri Agama Republik Indonesia Yaqut Cholil Qoumas saat menyampaikan materinya pada acara Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa yang berlangsung secara virtual, Selasa (31/8/2021).

“Saya berharap para mahasiswa baru dapat menjadi agen-agen moderasi beragama di tengah kemajemukan bangsa,”ujar Menag.

Dikatakan Menag, para mahasiswa Islam harus proaktif  turut serta mempelopori budaya moderasi untuk menciptakan iklim sosial yang rukun dan damai. Mahasiswa juga harus menjadi bagian perubahan penting dalam kehidupan sosial kebangsaan negeri ini.

Menurut Menag, tidak semua orang berkesempatan menjadi mahasiswa calon intelektual di masa yang akan datang, selain dibekali seperangkat ilmu pengetahuan, mahasiswa juga diberikan tanggung jawab moral yang lebih besar, di pundak mahasiswa terdapat harapan masyarakat sebagai agent of change, banyak perubahan-perubahan besar di negeri ini yang dipelopori oleh mahasiswa.

“Oleh karena itu sebagai komunitas terdidik, mahasiswa harus mampu membaca fenomena sosial kebangsaan secara kritis, agar tidak terjebak pada kepentingan- kepentingan pragmatis, tentu saya bangga bertemu dengan mahasiswa yang notabene adalah generasi milenial yang diharapkan menjadi penjaga utama nilai-nilai Pancasila sebagai falsafah kehidupan bangsa. Pancasila adalah sumber inspirasi bagi terwujudnya moderasi beragama yang saat ini sedang kita gaungkan,”jelas Menag.(Syahrial)