IAIN Langsa
Membangun Langsa Dengan Wawasan Lingkungan

13 Mei 2016

[Langsa] Setiap warga kota Langsa harus mempunyai rasa mencintai dan memiliki terhadap kota ini karena ini adalah masa depan yang akan kita wariskan kepada anak cucu nantinya, demikian yang disampaikan Walikota Langsa Usman Abdullah, SE pada acara rubrik Peh Tem (diskusi) di Radio Komunitas Kampus Zawiyah Cot Kala (RK ZCK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN), Jumat (13/05/2016).

“Langsa adalah tanah air kita, tempat tinggal kita, semua kompenen harus punya rasa memiliki bahwa Langsa milik kita bersama,” kata Usman Abdullah, SE yang akrab disapa Toke Seum itu.

Cinta tanah air, menurut Walikota tidak hanya mengikuti upacara kemerdekaan, tapi peduli terhadap lingkungan, peduli terhadap orang yang membutuhkan pertolongan juga termasuk cinta tanah air. “Lingkungan yang bersih menandakan bahwa masyarakatnya juga bersih, lingkungan yang bersih juga menimbulkan keindahan dan kesehatan,” ungkapnya.

Lingkungan yang bersih tidak akan terwujud tanpa ada kesadaran masyarakat dan keikhlasan untuk menjaga lingkungan, untuk itu membangun karakter manusia ini sangat penting. “Jika kita lihat negara-negara maju, mereka mengutamakan pendidikan karakter (Caracter Building) dibandingkan pembangunan fisik, karena membangun karakter manusia tidak mudah, butuh proses, jika karakter sudah bagus, semua akan berhasil,” urai Toke Seum.

Selain membangun karakter, Pemerintah Kota Langsa dibawah pimpinan Usman Abdullah dan Marzuki Hamid juga akan melaksanakan program berkelanjutan (Sustainable), seperti penanaman pohon mangrove. “Hutan mangrove menjadi salah satu objek wisata Kota Langsa, untuk itu program ini kita prioritaskan karena banyak kontribusi yang dihasilkan baik secara ekonomi maupun dari segi kesehatan,” kata Walikota Langsa.

Walikota menambahkan objek wisata hutan mangrove dan hutan kota memberikan manfaat besar bagi masyarakat, dari segi ekonomi memberikan keuntungan masyakarat yang berjualan di lokasi wisata, “Hutan adalah kebutuhan kita, mangrove melindungi kita dari bencana, bahkan memberikan keuntungan bagi masyarakat, maka menjaga hutan dan lingkungan sekitar harus kita lakukan dengan rasa ikhlas dan rasa cinta memiliki,” pintanya.

Dalam talk show yang dipandu oleh Direktur Cot Kala FM, Andika Jaya Putra MA pada pukul 15.00 WIB itu, Usman Abdullah menyampaikan, bahwa program pemerintah tidak akan terlaksana dengan baik tanpa ada dukungan pengabdian dan kesadaran masyakarat. “Perlu adanya keikhlasan dalam diri setiap manusia, bahwa Kota Langsa ini milik kita bersama, tanpa keihlasan semua tidak akan terwujud,” imbuh Usman Abdullah. [Jml]