IAIN Langsa
Mahasiswa IAIN Langsa Tanam 3000 Pohon Mangrove

05 Januari 2020

Kota Langsa (Humas) - Mahasiswa Fakultas Syari'ah Insitut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa bersama jajaran Kepolisian Resor Langsa dan Dinas Lingkungan Hidup Kota Langsa menanam 3.000 pohon mongrove yang dipusatkan di jalan Kuala Langsa Kilo Meter 3, Minggu (5/1/2020) pagi.

Penanaman pohon itu dihadiri oleh Wakil Walikota Langsa, Kapolres Langsa, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Kelembagaan, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, personil Polres Langsa dan Mahasiswa.


Dosen pengampu Mata Kuliah Fiqh Al Bi'ah Zubir, MA mengatakan, selama satu semester pihaknya telah memberikan teori Fiqh Al Bi'ah (Fiqih Lingkungan) kepada para mahasiswa, penanaman pohon mangrove yang dilakukan mahasiswa merupakan salah satu bentuk implementasi dari Mata Kuliah tersebut.

"Hari ini merupakan bagian dari aktualisasi Mata Kuliah tersebut, semoga aktualisasi ini menjadi sebuah kesinambungan untuk menjaga ekosistem di pesisir timur pantai Aceh,"imbuhnya.


Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Kelembagaan Dr. H. Muhammad Suhaili Sufyan, MA mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada mahasiswa yang telah ikut dalam melestarikan lingkungan hidup.

"Fiqh Bi'ah ini sesuai dengan visi IAIN Langsa yang Rahmatan Lil Alamin, IAIN Langsa tidak hanya peduli pada pembentukan karakter mahasiswa, namun juga hadir untuk merawat dan melestarikan lingkungan hidup, dan ini juga selaras dengan visi Pemko Langsa,"tandasnya.

Selain itu, sambungnya, penanaman pohon mangrove juga menjadi bagian dari amal jariyah.


"Jadi bukan hanya sekedar acara seremonial dan aktualisasi fiqh bi'ah semata, selama mangrove ini masih bermanfaat bagi makhluk hidup maka kita akan terus mendapat pahala,"jelasnya.


Ditempat yang sama, Kapolres Langsa AKBP Andy Hermawan, SIK, M. SC mengajak seluruh jajarannya dan para mahasiswa untuk terus menanam pohon.

"Memang menanam pohon yang kita lakukan saat ini belum kita rasakan manfaatnya sekarang, namun manfaatnya akan dirasakan di masa yang akan datang sampai ke anak cucu kita,"imbuhnya.

Sebelum menanam pohon mangrove, dihadapan personil Polres Langsa dan mahasiswa, Wakil Walikota Langsa Dr. H. Marzuki Hamid, MM menjelaskan secara ringkas tata cara penanaman pohon mangrove yang benar.

"Sebelum ditanam, bibitnya harus diremas dahulu pada bagian tanah yang terbungkus polybag, kemudian dipisahkan polybag dengan tanahnya, dan dimasukan ke dalam lobang,"ujar Marzuki seraya menambahkan tanah tersebut jangan sampai teruburai dengan akarnya.(Syahrial)