IAIN Langsa
Mabigus dan Pembina Gudep Pramuka IAIN Langsa Dilantik

16 Juli 2021

Kota Langsa (Humas) – Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Praja Muda Karana (Pramuka) Kota Langsa Dr. H. Marzuki Hamid, MM secara resmi melantik dan mengukuhkan Majelis Pembimbing Gugus Depan (Mabigus) dan Pembina Gugus Depan Pangkalan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa Masa Bakti Tahun 2021-2024.

Pelantikan dilaksanakan secara luring di Aula Laboratorium Terpadu kampus setempat, Jum’at (16/7/2021) dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan yang dilantik yakni Dr. H. Basri, MA yang juga merupakan Rektor IAIN Langsa. Sedangkan yang dilantik sebagai Ketua Gugus Depan Putra yakni Dr. Muhammad Nur, M.Pd dan Ketua Gugus Depan Putri yakni Rina Meutia, ME.

Kegiatan yang bertemakan ‘Sinergisitas Organisasi Mewujudkan Pramuka Yang Unggul’ ini mengukuhkan sebanyak 21 anggota pengurus Mabigus dan 10 anggota struktur pimpinan Pembina Gugus Depan Gerakan Pramuka IAIN Langsa.

Ketua Mabigus Pramuka IAIN Langsa Dr. H. Basri, MA dalam sambutannya mengatakan perguruan tinggi merupakan lembaga pendidikan yang memiliki posisi ganda dalam menumbuhkan semangat dan pembangunan bangsa serta yaitu menjalankan sistem pendidikan nasional dan juga struktur dari gerakan Pramuka.

“Keduanya perlu diintegrasikan dan dikembangkan agar terlaksana peran dari kedua posisi tersebut. Dengan demikian, keberadaan Pramuka akan meningkatkan kualitas pendidikan,” tandasnya.

Basri juga mengharapkan agar Mabigus tidak hanya menyumbang pembinaan peserta didik tetapi juga dapat membangun daya saing bangsa serta memperkuat kapasitas dan keterampilan mahasiswa.

Ketua Kwarcab Kota Langsa yang juga merupakan Wakil Walikota Langsa Dr. Marzuki Hamid, MM dalam arahannya mengatakan bahwa Pramuka menjadi sesuatu yang penting untuk mendukung kemajuan IAIN Langsa di masa yang akan datang.

“Para Mabigus dan Pembina Pramuka di IAIN Langsa memiliki kapasitas keilmuan dan pengalaman yang banyak dalam kepramukaan, maka dari itu akan menjadikan Pramuka IAIN Langsa semakin berjaya dan menjadi semangat tambahan bagi kemajuan IAIN Langsa pada masa yang akan datang,”ujarnya.

Marzuki menambahkan, IAIN Langsa yang menjadi salah satu IAIN papan atas secara nasional harus dilengkapi dengan struktur organisasi yang merupakan pendukung untuk kemajuan pembangunan IAIN Langsa seperti halnya Pramuka dan organisasi yang lainnya.(ID)