IAIN Langsa
LPPM IAIN Langsa Gelar Pelatihan KARIB

06 Juli 2020

Kota Langsa (Humas) - Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa menggelar pelatihan Klinik Artikel Riset Ilmiah Bersama (KARIB) yang berlangsung di aula Pascasarjana kampus setempat, Senin (6/7/2020).

Kepala LPPM IAIN Langsa Dr. H. Sulaiman Ismail, MA menyebutkan, pelatihan ini dilaksanakan dalam tiga tahap, setiap tahap diikuti oleh 50 dosen peneliti dan 10 fasilitator yang dibagi menjadi dua kelompok.

"Pelatihan dilakukan selama dua hari, sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan,"ujarnya.

Dikatakannya, KARIB ini suatu usaha lembaga untuk meningkatkan publikasi ilmiah, meningkatkan kualitas artikel dan mempublikasikan hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti dalam tahun 2020 ini.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Kelembagaan Dr. H. Muhammad Suhaili Sufyan,MA mengatakan, pelatihan KARIB ini merupakan sebuah terobosan baru bagi dosen untuk memiliki jurnal yang terakreditasi.

“Ini (KARIB) idealnya untuk menjadikan seorang dosen menjadi penelit dan mempublikasikan artikelnya di jurnal-jurnal terakreditasi,”imbuhnya.

“Dengan secara bersama-sama kita akan mendapatan jurnal sinta 2. Mudah-mudahan dengan adanya pelatihan KARIB kendala-kendala yang dihadapi untuk memiliki jurnal terakreditasi dapat teratasi,”tambahnya lagi.

Suhaili berharap, kedepan satu dosen mempunyai satu karya publikasi ilmiah dalam satu semester, dalam tiga tahun kedepan dirinya menargetkan minimal ada seribu publikasi dari dosen IAIN Langsa.

“Mudah-mudahan ini bisa terealisasi lewat pengembangan kapasitas dosen melalui pelatihan KARIB ini,”punkasnya.(Syahrial)