IAIN Langsa
LPM IAIN Langsa Gelar Pelatihan Peningkatan Kapasitas Auditor Internal

13 Juli 2021

Kota Langsa (Humas) – Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa menggelar Pelatihan Peningkatan Kapasitas dan Sertifikasi Auditor Internal IAIN Langsa. Kegiatan ini dilaksanakan secara luring mulai dari tanggal 13 hingga 15 Juli 2021 dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat..

Kegiatan ini merupakan kerjasama antara LPM IAIN Langsa dengan Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penjaminan Mutu (LP3M) Universitas Syiah Kuala Banda Aceh.

Selama tiga hari kedepan, pelatihan diisi oleh Prof. Dr. Ir. Suhendrayatna, M.Eng., dan  Dr. Ir. M. Aman Yaman, M.Agric.Sc sebagai narasumber.

Rektor IAIN Langsa Dr. H. Basri, MA dalam sambutannya pada acara pembukaan kegiatan tersebut (13/7/2021) mengatakan dalam dunia perguruan tinggi pasti tidak terlepas dari mutunya.

“Tidak hanya mutu proses belajar mengajar, mutu publikasi ilmiah, mutu pengabdian masyarakat, tapi yang lebih penting adalah instrumen dari audit mutu itu sendiri,” ujarnya.

Rektor menambahkan, kehadiran narasumber pada pelatihan ini diharapkan dapat memberikan pencerahan bagi auditor untuk meningkatkan mutu di IAIN Langsa sehingga membuat perguruan tinggi di Aceh mendapatkan kepercayaan dan meningkatkan minat masyarakat dalam segi mutunya.

Menurut laporan ketua panitia Dr. Sabaruddin, M.Si., yang menjadi peserta dalam kegiatan ini merupakan auditor yang ada di lingkungan IAIN Langsa. Dikarenakan situasi, maka peserta yang hadir juga terbatas, hanya perwakilan dari setiap fakultas, LPM, dan program Pascasarjana IAIN Langsa dengan total 24 peserta. Selain itu turut hadir juga empat peserta yang berasal dari STAIN Meulaboh.

Setelah pelatihan, para peserta akan mengikuti test uji sertifikasi. Test ini direncanakan akan diikuti oleh peserta pelatihan dan seluruh auditor yang ada di IAIN Langsa.(ID/S)