IAIN LANGSA

IAIN Langsa
Ka Kwarnas Sematkan Tanda Peserta PWN Kepada Racana IAIN Langsa

Gorontalo (Humas) - Ketua Kwartir Nasional (Ka Kwarnas) Gerakan Pramuka Budi Waseso menyematkan tanda peserta Perkemahan Wirakarya Nasiona (PWN) ke XVI kepada anggota racana Gerakan Pramuka Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa yaitu Putri Rahayu.

Ditempat yang sama, Menteri Agama Republik Indonesia H. Yaqut Cholil Qoumas turut menyematkan tanda peserta dan menyerahkan peralatan bakti kepada perwakilan peserta PWN Ke XVI. Perkemahan Wirakarya Nasional ke XVI ini berlangsung mulai tanggal 22 sampai 27 Mei 2023 berlangsung di bumi perkemahan IAIN Sultan Amai Gorontalo.

Pada kesempatan itu Ka Kwarnas menyampaikan harapannya semoga kegiatan PWN PTK XVI tahun 2023 di Gorontalo tetap menerapkan protokol kesehatan seperti biasanya, demi kesehatan bersama.

Lebih lanjut, Budi Waseso juga mengungkapkan rasa terima kasih kepada semua pihak yangbtelah mendukung penyelenggaraan kegiatan ini, kepada Kementerian Agama, panitia penyelenggara, pihak kampus peserta, para mahasiswa yang ikut berpartisipasi, termasuk kepada para orang tua atas izinnya mengikuti perkemahan pungkasnya.

Sementara itu, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas hari ini membuka gelaran Pramuka Wirakarya Nasional (PWN) ke-16 tahun 2023. Kegiatan yang diikuti 1.200 Pramuka dari Perguruan Tinggi Keagaman Negeri (PTKN) ini digelar di Bumi Perkemahan Kampus 2 IAIN Sultan Amai Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo.

Pembukaan PWN ke-16 ditandai dengan pemukulan alat musik tradisonal Gorontalo Palo-Palo oleh Menag Yaqut Cholil Qoumas, Ketua Kwarnas Budi Waseso, dan Gubernur Gorontalo Ismail Pakaya.

Turut serta, Dirjen Pendis Muhammad Ali Ramdhani, Rektor IAIN Sultan Amai Gorontalo Zulkarnaen Suleman dan Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo.

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas yang bertindak sebagai inspektur upacara menyampaikan PWN ke-16 harus dijadikan momentum untuk meneguhkan diri sebagai sebuah gerakan yang adaptif, inovatif, dan kreatif dalam menyesuaikan dan menghadapi tantangan perubahan zaman.

Apalagi, lanjut Menag, tema besar yang diusung pada PWN kali ini bertajuk “Merawat Keberagaman dan Perdamaian dalam Bingkai Moderasi Beragama.” “Ini sebuah tema yang cukup menantang sekaligus membutuhkan pembuktian segenap insan Pramuka PTKN.Saudara harus bisa adaptif, inovatif, dan kreatif untuk merawat keberagaman dan perdamaian,” pesan Menag.