IAIN Langsa
Itjen Kemenag RI Lakukan Audit Kinerja IAIN Langsa

09 Oktober 2021

Kota Langsa (Humas) – Inspektorat Jenderal (Itjen) Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia melaksanakan kunjungan dalam rangka Audit Kinerja Penyelenggaraan Tugas dan Fungsi Tahun 2020 pada Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa.

Kegiatan audit ini dilangsungkan selama 17 hari mulai tanggal 3 – 22 Oktober 2021.

Tim Auditor Itjen Kemenag RI yang hadir berjumlah enam auditor, Maman Saepulloh bertindak sebagai Penanggung Jawab, Fahmi Rosyadi sebagai Pengendali Teknis, Ali Yuddin sebagai Ketua Tim, dan Jumhadi, Mochamad Samsul Mu’arif Wibowo, Emzolianda, Moh. Anshari sebagai Anggota Tim.

Rektor IAIN Langsa Dr. Basri, MA bersama jajarannya menyambut kedatangan tim auditor di IAIN Langsa di Aula Barat kampus setempat, Sabtu (9/10/21). Pada hari yang sama, tim auditor mengawali kegiatannya dengan Entry Meeting bersama para pimpinan dilingkungan IAIN Langsa.

Dalam kata sambutannya, Dr. Basri, MA mengatakan kedatangan tim auditor ini merupakan suatu kesempatan untuk memaparkan hasil kinerja IAIN Langsa serta mendapatkan evaluasi atas kekurangan.

“Dalam audit akan dilihat proses tugas yang telah dilaksanakan baik dalam perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan tata kelola, apakah telah memenuhi sasaran kinerja atau belum,” ujarnya.

Rektor berharap agar semua unit dan tim IAIN Langsa dapat memberikan informasi serta dokumen yang sesuai dengan apa yang diharapkan oleh tim auditor.

“ IAIN Langsa sangat berterimakasih atas kunjungan ini karena disamping mendapatkan informasi tentang audit kinerja, juga mendapatkan bimbingan dari Itjen Kemenag RI dalam melaksanakan tugas dan fungsi berbasis kinerja sesuai dengan tupoksi,” lanjutnya.

Pada kesempatan yang sama, Pengendali Teknis Audit Fahmi Rosyadi menyampaikan arahannya mengenai audit yang dilakukan saat ini yang sedikit berbeda dengan audit sebelumnya. Tidak hanya mengaudit laporan keuangan, namun audit sekarang ini juga akan melihat tugas dan fungsi empat aspek lainnya.

“Audit Kinerja ini bertujuan untuk menilai keberhasilan pelaksanaan tigas dan fungsi instansi, jadi akan ada empat aspek yang akan dinilai, yaitu dari segi Perencanaan, Pelaksanaan, Laporan Kinerja, dan  Capaian Hasil,” ujarnya.

Fahmi Rosyadi juga menambahkan, ada tiga hal yang akan dilakukan oleh tim auditor dalam pelaksanaan audit ini, pertama melihat 3E (Efektif, Ekonomis dan Efisien), selanjutnya memberikan nilai tambah yakni masukan-masukan yang diperlukan, dan terakhir memberikan Early Warning  jika nanti ternyata ada penyelewengan.

Selanjutnya, Ali Yuddin sebagai Ketua Tim Audit menjelaskan mengenai tujuan, maksud dari audit kinerja hingga ke aspek penilaiannya.