IAIN Langsa
IAIN Langsa Teken MoU Tentang Tax Center Dengan Kantor DJP Aceh

10 September 2021

Kota Langsa (Humas) – Kampus Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) tentang tax center dengan Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Aceh Kementerian Keuangan Republik Indonesia yang berlangsung di aula gedung perpustakaan kampus setempat, Jum’at (10/9/2021) pagi.

MoU tersebut ditandatangani langsung oleh Rektor IAIN Langsa Dr. H. Basri, MA dan Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Aceh Kementerian Keuangan Republik Indonesia Imanul Hakim, Ak., M.S.F.

Selain MoU juga dilakukan penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA) antara Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam dan Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Aceh Kementerian Keuangan Republik Indonesia.

Adapun  lingkup kerja sama bersama ini meliputi, pelaksanaan sosialisasi perpajakan kepada civitas akademika dan masyarakat, konsultasi perpajakan di lingkungan civitas akademika dan masyarakat, publikasi dan pemberitaan peraturan perpajakan dan kegiatan bersama, dukungan narasumber dan sarana pendukung dalam kegiatan perpajakan yang dilaksanakan, pelaksanaan pelatihan di bidang perpajakan kepada civitas akademika dan masyarakat, penelitian bersama di bidang perpajakan dan pengkajian akademis atas peraturan perpajakan.

Rektor IAIN Langsa Dr. H. Basri, MA menyambut baik kerja sama yang dilakukan kedua lembaga tersebut, menurut Rektor kehadiran Direktorat Jenderal Pajak Aceh sangat berarti penting untuk pengembangan dan sinergistas lembaga.

Dikatakan Rektor, ada tiga hal urgensi kerja sama ini dilakukan, diantaranya perlu adanya integrasi keilmuan, mengingat kajian selama ini sarat dengan muatan sosial keagamaan, hal ini dilakukan guna merespon dan menyahuti perkembangan keilmuan sekarang ini.

Sambung Rektor, saat ini juga ada regulasi terkait kampus merdeka dan merdeka belajar, kegiatan ini menjadi salah satu upaya dalam merealisasikan regulasi tersbut.

Selain itu, tambah Rektor, MoU dan MoA ini bertujuan untuk mencapai kompetensi mahasiswa, dimana mahasiswa nantinya dapat belajar secara praktis pada lembaga-lembaga yang ada kaitannya dengan disiplin keilmuan yang dimiliki IAIN Langsa.

“Kami siap bekerja sama dalam merespon berbagai perkembangan, semoga kerja sama ini dapat diimplementasikan,”imbuh Rektor.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Aceh Kementerian Keuangan Republik Indonesia Imanul Hakim, Ak., M.S.F menjelaskan secara umum kondisi perkembangan pajak di Indonesia.

Imanul Hakim berharap, semoga IAIN Langsa sebagai lembaga pendidikan dapat terus menggali kajian-kajian keilmuan dan dapat direalisasikan ditengah-tengah masyarakat.

Pada kesempatan itu, Rektor dan Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Aceh Kementerian Keuangan Republik Indonesia melakukan pengguntingan pita sebagai tanda peresmian dan penyerahan tax center.

Tax Center merupakan pusat informasi, pendidikan dan pelatihan perpajakan yang mempunyai peran signifikan dalam meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat yang mengerti hak dan kewajiban perpajakannya sehingga pada akhirnya dapat mewujudkan kemandirian bangsa.

Acara ditutup dengan penyampaian kuliah umum yang dipaparkan oleh Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Aceh Kementerian Keuangan Republik Indonesia Imanul Hakim, Ak., M.S.F kepada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam.(Syahrial)