IAIN LANGSA

IAIN Langsa
IAIN Langsa Peringati Hari Amal Bakti ke-77 Tahun 2023

Kota Langsa (Humas) – Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa melaksanakan upacara dalam rangka peringatan Hari Amal Bakti (HAB) ke-77 Kementerian Agama (Kemenag) Tahun 2023 di halaman biro kampus setempat, Selasa (3/1/23).

Upacara kali ini diwarnai dengan kemeriahan penggunaan beragam pakaian adat nusantara oleh peserta upacara.

Dalam upacara ini bertindak sebagai pembina upacara Rektor IAIN Langsa Dr. H. Basri, MA.

Rektor IAIN Langsa dalam amanatnya menyampaikan pesan Menteri Agama (Menag) Yaqut Choulil Qoumas yang mengajak para generasi penerus Kemenag pada momentum ini untuk mengenal, memahami dan meresapi serta bertanya kembali mengapa dan untuk apa Kemenag ini dilahirkan pada Tahun 1946 lalu.

Selanjutnya Menag menegaskan tagline yang dicanangkan pada HAB ke-77 kali ini yaitu Kerukunan Umat untuk Indonesia Hebat merupakan sebuah tugas berat yang mesti ditunaikan Aparatur Sipil Negara (ASN) Kemenag.

“Kerukunan sangat fluktuatif dan dinamis. Kerukunan sering menguji kita terlebih menjelang Pemilu 2024. Sejatinya, kerukunan adalah prasyarat pembangunan nasional yang membutuhkan stabilitas, dan stabilitas dapat terwujud bila antar masyarakat rukun dan damai,” ujar Rektor menyampaikan amanat Menag.

Di tahun politik ini, Menag menjelaskan bahwa potensi terjadi ketidakrukunan di masyarakat akibat pilihan politik yang berbeda tetap saja ada.

“Maka dari itu keluarga besar Kemenag bersama tokoh agama dan tokoh masyarakat harus terdepan dalam membina dan membangun suasana rukun dan damai agar perjalanan dan tahapan Pemilu dapat dinikmati sebagai pesta demokrasi dalam pengertian yang sesungguhnya,” pesan Menag dalam amanatnya.

Terakhir, Menag mengajak keluarga besar Kemenag menjadikan momentum peringatan HAB ke-77 untuk meningkatkan solidaritas organisasi yang berada dalam satu barisan kuat, kokoh, dan teroganisir untuk Kemenag yang lebih baik dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.