IAIN Langsa
IAIN Langsa – Muamallat Institute Jalin Kerja Sama Bidang Pendidikan Pelatihan dan Pengembangan Manajemen Talenta  

01 September 2021

 

Kota Langsa (Humas) – Kampus Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa menjalin kerja Sama bidang Pendidikan Pelatihan dan Pengembangan Manajemen Talenta dengan Muamallat Institute Jakarta secara virtual, Rabu (1/9/2021).

Kerja Sama itu dituangkan dalam nota Perjanjian Kerja Sama dengan nomor Nomor          : 1250/IN.24/PP.00.9/09/2021 dan Nomor : 204/PKS/MI/VIII/2021 yang ditanda tangani oleh Dr. H. Basri, MA selaku Rektor IAIN Langsa dan Edian Fahmi selaku Senior Associate Muamalat Institute.

Dalam perjanjian tersebut, pihak pertama (IAIN Langsa) dan Pihak Kedua (Muamallat Institute) sepakat untuk mengadakan Kerja Sama dalam rangka peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) seperti pada program-program, penyelenggaraan Pendidikan dan Pelatihan oleh Pihak Kedua, bagi Mahasiswa dan Dosen Pihak Pertama, Pemanfaatan Fasilitas dan Sumber Daya Pihak Kedua untuk digunakan sebagai sarana pembelajaran oleh Pihak Pertama, Pemberian kesempatan kepada Mahasiswa Pihak Pertama untuk mengikuti program-program Pelatihan dan Pendidikan Pengembangan Manajemen Talenta yang diselenggarakan oleh Pihak Kedua.

Rektor IAIN Langsa Dr. H. Basri, MA menyambut baik dan menyampaikan terima kasih atas terjalinnya kerja sama dengan Muamallat Institute sebagai lembaga Training dan Edukasi Syariah.

Pada kesempatan itu, Rektor memaparkan secara singkat kondisi terkini IAIN Langsa yang merupakan sebuah Perguruan Tinggi yang mengembangkan Prodi-Prodi sosial kegamaan, salah satunya Prodi yang terdapat pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam yang mengkaji teori dan aplikasi keuangan syariah.

Rektor menjelaskan, dalam meningkatkan mutu lembaga, di usia IAIN Langsa yang terbilang masih cukup muda, tentu terdapat tantangan dan hambatan dalam pengembangan keilmuan, oleh karena itu kerja sama dengan Muamallat Institute  ini menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan mutu akademik.

“Secara teknisnya nanti akan dibicarakan lebih lanjut dengan pimpinan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Mungkin kedepan perlu adanya keahlian yang harus dimiliki oleh mahasiswa kita, kompetensi tersbut bisa dibuktikan dengan Surat Keterangan Pendamping Ijazah,”ujar Rektor.

Sementara itu, Edian Fahmi selaku Senior Associate Muamalat Institute menyebutkan, sebagai lembaga yang bergerak dibidang Training dan Edukasi Syariah dan telah berkiprah selama 28 tahun, pihaknyaakan memberikan yang terbaik untuk IAIN Langsa.

“Kita berharap dalam pasca MoU ini segera ada tindak lanjutnya, kedepan kita juga membuka pintu kerja sama seluas-luasnya untuk kegiatan magang bagi mahasiswa, kamisangat mengapresiasi kerja sama ini,”tandasnya.

Pada kesempatan yang sama, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Langsa Dr. Iskandar Budiman, M. CL mengatakan, dalam waktu akan dilaksanakan kuliah umum yang disampaikan oleh pihak Muamallat Institute dengan menyampaikan modul-modul sertifikasi keahlian bagi mahasiswa.

“Nanti secara detil akan kita tuangkan dalam MoA. Subject-subject kompetensi apa saja yang akan kita berikan kepada mahasiswa, pegawai dan dosen. Sehingga alumni kita tidak hanya memiliki ijazah saja namun punya keahlian yang dibuktikan dengan SKPI,”pungkasnya.(Syahrial)