IAIN LANGSA

IAIN Langsa
IAIN Langsa Laksanakan Seleksi Mahasiswa Baru Secara Daring

Kota Langsa (Humas) - Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa, Selasa (14/6/2022) melaksanakan seleksi mahasiswa baru jalur Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) secara online (daring).

Pelaksanaan ujian lewat aplikasi Sistem Seleksi Elektronik (SSE) ini diikuti oleh 414 calon mahasiswa baru.

Rektor IAIN Langsa Dr. H. Basri, MA melalui Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Kelembagaan Dr. H. Muhammad Suhaili Sufyan, MA mengatakan, Ujian UM-PTKIN dilaksanakan secara serentak dan nasional oleh 59 PTKIN yang ada di Indonesia.

Suhaili mengatakan, melalui ujian Sistem Seleksi Elektronik (SSE) memudahkan calon mahasiswa untuk mengikuti ujian, calon mahasiswa tidak harus pergi ke kampus, cukup dengan menggunakan handphone atau kamputer pribadi sudah bisa mengikuti ujian di rumah masing - masing.

"Pelaksanaan ujian lewat SSE lebih efektif, karena tidak banyak membutuhkan pengawas ujian dan kita mengurai pemakaian kertas,"imbuhnya.

"Meskipun demikian, peserta ujian tetap dalam pengawasan pengawas ruangan dan IT lewat aplikasi SSE tersebut,"tambahnya lagi.

Suhaili menjelaskan, ujian berlangsung selama satu hari dan dibagi menjadi tiga sesi. Sesi pertama diikuti oleh 10 ruangan, sesi kedua 10 ruangan dan sesi ketiga 2 ruangan.

"Alhamdulillah pelaksanaan ujian berlangsung tertib dan lancar, semoga calon mahasiswa baru lulus sesuai dengan pilihan Prodinya masing - masing,"tandasnya.

Selain itu, Suhaili menyebutkan bahwa IAIN Langsa juga memfasilitasi calon mahasiswa baru yang mengalami kendala dalam proses pelaksanaan ujian.

"Ada beberapa calon mahasiswa baru yang mengalami kendala untuk mengikuti ujian, jadi kita menyediakan ruangan khusus di IAIN Langsa dengan fasilitas lengkap untuk para peserta ini mengikuti ujian," sebutnya.

Sebelumnya, IAIN Langsa telah menerima mahasiswa baru lewat jalur Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN).

Pada Jalur ini, calon mahasiswa yang berminat untuk kuliah di IAIN Langsa berjumlah 3.348 orang, sedangkan yang lulus 900 orang.

Bagi mahasiswa yang tidak tertampung pada dua jalur tersebut, IAIN Langsa masih membuka peluang penerimaan mahasiswa baru lewat jalur mandiri.

"Jalur mandiri akan dibuka mulai tanggal 20 Juni sampai 14 Juli 2022 mendatang,"demkian ujarnya.