IAIN Langsa
IAIN Langsa - Kanwil Kemenag Aceh Teken Nota Kesepahaman

11 Agustus 2020

Kota Langsa (Humas) - Kampus Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa bersama Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh, Selasa (11/8/2020) sore melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman yang berlangsung di aula gedung biro rektorat kampus setempat.

 

Penandatanganan Nota Kesepahaman tersebut dilakukan langsung Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Aceh Dr. H. Iqbal, S. Ag, M. Ag dan Rektor IAIN Langsa Dr. H. Basri, MA yang dituangkan dalam naskah nomor : 790/In.24/HM.01/08/2020 dan nomor : B-2630/Kw.01.1/Kp.07.6/08/2020.

 

Rektor IAIN Langsa Dr. H. Basri, MA menyampaikan terima kasih kepada Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Aceh yang telah bersilaturahmi dengan keluarga besar IAIN Langsa guna membahas sejumlah persoalan pendidikan dan sosial keagamaan.

 

“Kami juga mengucapkan selamat kepada Pak Iqbal yang baru saja menjabat sebagai Kakanwil Kemenag Aceh, semoga dengan semangat ikhlas beramal Kemenag Aceh terus berkontribusi kepada umat,”ujarnya.  

 

Rektor menyebutkan, dalam rangka melahirkan Sumber Daya Manusia diperlukan kerjasama yang baik lintas sektoral, dalam hal ini, IAIN Langsa sebagai lembaga yang memproduk tenaga pendidik dan penyuluh agama, tentu sangat bergantung pada Kementerian Agama yang salah satu tugasnya menyelenggarakan pendidikan tingkat madrasah.

 

“Output yang berkualitas juga sangat bergantung pada inputnya, untuk itu diperlukan sinergisitas dan pembenahan kurikulum dalam proses belajar mengajar,”imbuhnya.

 

Selain itu, sambung Rektor, dibutuhkan juga persamaan persepsi terkait persoalan manajemen zakat dan wakaf. Menurut Rektor, saat ini pengelolaan zakat dan wakaf belum begitu signifikan, perlu kajian akademis yang lebih mendalam secara bersama-sama dalam melahirkan rumusan-rumusan untuk meningkatkan pendapatan zakat dan terinventarisirnya wakaf-wakaf milik umat.

 

“Semoga dengan kerjasama ini, persoalan-persoalan tersebut dapat diselesaikan secara bersama-sama guna memajukan pendidikan dan kesejahteraan umat islam,”tandas Rektor.

 

Senada dengan Rektor, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh Dr. H. Iqbal, S. Ag, M. Ag menyambut baik kerjasama antara dua lembaga tersebut, Dikatakan Kakanwil, pihaknya akan siap bekerjasama terutama dengan perguruan tinggi dalam peningkatan bidang pendidikan, peningkatan bidang penyuluhan keagamaan dan pengelolaan zakat dan wakaf.

 

“Kami siap untuk bekerjasama, saya fikir semuanya akan kita lakukan, ada naskah akademiknya, termasuk bidang zakat wakaf yang saat ini menurut kami itu cukup banyak problem, yang problem itu sampai saat ini belum selesai, termasuk banyak data tanah wakaf yang ada di Aceh yang sampai saat ini belum terinventarisir dengan baik,”imbuhnya.

 

Pada kesempatan itu, Kakanwil Kemenag Aceh mengajak Sivitas Akademika IAIN Langsa agar sama-sama bersinergi sesuai dengan porsinya  masing – masing untuk meningkatkan kualitas pendidikan, zakat, wakaf dan memperkuat ukhwah Islamiyah umat islam.

 

“Yang penting kita saling koordinasi, saling komunikasi dan saling bahu membahu untuk membangun umat islam ini kearah yang lebih baik,”pungkasnya.(Syahrial)