IAIN LANGSA

IAIN Langsa
IAIN Langsa – Dayah Tauthiatuth Thullab Jalin Kerjasama

Kota Langsa (Humas) – Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa menjalin kerjasama dengan Dayah Tauthiatuth Thullab (DTB) Arongan Samalanga Bireuen. Hal ini ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) di Ruang Rapat Pascasarjana IAIN Langsa, Rabu (20/7/22).

Direktur Pascasarjana IAIN Langsa Dr. H. Zulkarnaini, MA menyebutkan disamping menjadi tuntutan akademik untuk kemajuan lembaga yang harus dipenuhi, MoU juga menjadi penguat antar lembaga untuk kemajuan masyarakat.

“Selain tuntutan akademik lembaga, kerjasama ini juga didasari oleh kebutuhan lembaga pendidikan untuk saling menguatkan, karena ini adalah basis untuk kemajuan masyarakat,” ujarnya.

Kerjasama ini dikatakan Zulkarnaini juga dibarengi dengan tindakan nyata melalui Memorandum of Agreement (MoA).

“Ini juga akan kita tindaklanjuti melalui MoA dengan saling memberikan dukungan dalam bentuk resources yang ada di masing-masing lembaga” lanjut Zulkarnaini.

Senada dengan Direktur Pascasarjana, Rektor IAIN Langsa Dr. H. Basri, MA dalam sambutannya mengatakan bahwa Perguruan Tinggi dan Dayah harus berkolaborasi untuk mencerdaskan umat.

“Kita harus perkuat kolaborasi antara Perguruan Tinggi dan Dayah untuk saling mengisi dimensi keilmuan dalam mencerdaskan umat,” ujarnya.

Selanjutnya Rektor menyampaikan hal-hal yang dapat dilakukan kedua lembaga seperti saling bertukar SDM.

“Pengajar Dayah dapat menuntut ilmu disini dan mahasiswa IAIN Langsa akan kita kirim ke Dayah untuk mendapatkan muatan-muatan dasar keislaman, hal ini secara teknis nanti akan kita bahas,” tandasnya.

Ketua Yayasan DTB Tgk. Muksalmina yang turut hadir pada kegiatan ini menjelaskan adanya kerjasama ini dikarenakan pihaknya menginginkan pendidikan yang terbuka terhadap perkembangan zaman.

“Tidak hanya belajar mengupas kitab kuning saja, tapi kami menginginkan kemajuan dengan ide-ide, kerjasama, mentransfer ilmu yang sudah dipelajari, dan siap menerima ilmu-ilmu baru dari yang lain,” jelasnya.

Sesi penandatanganan MoU dilanjutkan dengan penandatanganan MoA antara DTB dengan Pascasarjana IAIN Langsa dan Ma’had Al-Jami’ah IAIN Langsa.