IAIN Langsa
HRD Siap Menjembatani Kemajuan Pendidikan IAIN Langsa

05 Januari 2020

Kota Langsa (Humas) - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI) H. Ruslan M. Daud (HRD) siap menjembatani Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa dengan sejumlah isntansi terkait untuk kemajuan pendidikan kampus tersebut.

 

Hal tersebut disampaikan HRD saat mengunjungi kampus IAIN Langsa, Minggu (5/1/2020).

 

"Alhamdulillah berkat do'a kita semua saya dipercaya untuk menjadi Wakil Rakyat masyarakat Aceh untuk Dapil 2, saya siap menjadi jembatan bagi IAIN Langsa untuk pengembangan dan kemajuan pendidikan di Aceh,"ujar politsi PKB ini.

 

Ruslan menjelaskan, sebagai anggota komisi V yang membidangi infrastruktur, dirinya memiliki mitra kerja dengan sejumlah Kementrian, diantaranya Kementerian PUPR, Kementerian Perhubungan, Kementerian Desa, Basarnas dan BMKG.

 

"Dengan ada kami di DPR RI saya siap memfasilitasi sejumlah kendala dan persoalan seperti yang sudah disampaikan oleh pak Rektor, apa yang perlu dihadirkan di lembaga ini saya siap untuk itu,"ungkapnya.

 

Meskipun dirinya tidak duduk di komisi X yang menangani bidang pendidikan, namun Bupati Bireun periode 2012-2017 ini memiliki mitra lintas komisi untuk menampung aspirasi dunia pendidikan.

 

"Bahkan jika memang diluar kewenangan saya, saya akan menjembatani persoalan yang menjadi hambatan kemajuan pendidikan IAIN Langsa untuk mengangkat harkat dan martabat anak bangsa yang ada di Aceh,"tandasnya.

 

Sebelumnya, Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa Dr. H. Basri, MA memaparkan, IAIN Langsa merupakan salah satu lembaga pendidikan kebanggaan masyarakat Aceh yang lahir dari hasil rekomendasi seminar internasional di Rantau Pertamina, Kuala Simpang.

 

Seiring dengan berjalannya waktu, animo masyarakat untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi keagamaan terus meningkat.

 

"Dengan banyaknya mahasiswa yang menempuh pendidikan di IAIN Langsa, tentu kami juga harus meningkatkan kualitas sarana dan prasarana pendukung,"tukasnya.

 

Sambung Rektor, untuk meningkatkan sarana dan prasarana pendukung, sejumlah anggaran yang dialokasikan Kementerian Agama Republik Indonesia untuk IAIN Langsa tidak mampu membangun fasilitas yang dibutuhkan seperti penambahan Rusunawa (Ma'had Al Jamiah), pengadaan transportasi darat, pengaspalan jalan dan optimalisasi waduk untuk air bersih.

 

"Inilah sejumlah kendala-kendala yang kita hadapi, semoga mendapat perhatian dan dukungan dari Wakil Rakyat yaitu bapak H. Ruslan M. Daud,"imbuhnya.

 

Pada kesempatan itu, Rektor dan HRD beserta rombongan memantau kondisi Rusunawa (Ma'had Al Jamiah) dan sejumlah bangunan lainnya.(Syahrial)