IAIN Langsa
HPI dan HKI IAIN Langsa Gelar Dialog Publik Nasional

06 Juli 2021

Kota Langsa (Humas) – Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Hukum Pidana Islam (HPI) dan Hukum Keluarga Islam (HKI) Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa menggelar Dialog Publik Nasional di Aula Laboratorium Terpadu kampus setempat, Selasa (6/7/2021).

Dialog Publik Nasional yang bertemakan ‘Nasib Dana Otsus Aceh?’ ini menghadirkan lima pemateri yang berasal dari DPR RI, DPD RI, Dosen IAIN Langsa, dan Jubir PA.

Pemateri yang mengisi kegiatan ini yakni H. Muhammad Nasir Djamil, M.Si., H. Fachrul Razi, M.IP., Dr. Muzakir Samidan, MH., M.Pd., Nurzahri, ST., dan Muhammad Mundzir Yunus, M.Ag.

Kegiatan yang diketuai oleh Muhammad Reza dan Sabda Govinda ini mendapat apresiasi yang luar biasa dari Asisten I Pemko Langsa Suriyatno AP, MSP., Rektor IAIN Langsa Dr. H. Basri, MA., dan Dekan Fakultas Syariah Dr. Zulfikar, MA yang turut hadir pada acara pembukaan.

Dekan Fakultas Syariah Dr. Zulfikar, MA dalam sambutannya menyebutkan bahwa kegiatan yang dilaksanakan ini adalah hasil dari keinginan dan cita-cita para mahasiswa untuk membawa manfaat yang banyak bagi bangsa dan masyarakat.

Rektor IAIN Langsa Dr. H. Basri, MA dalam kesempatan yang sama, memberikan apresiasi kepada kedua HMJ yang mampu menggelar kegiatan berskala nasional dengan menghadirkan para pemateri yang luar biasa.

“Setingkat HMJ dapat mewujudkan kegiatan seperti ini, ini sangat luar biasa. Kami berikan apresiasi yang tak terhingga kepada HMJ HPI dan HMJ HKI,” tandas Basri.

Basri juga menyebutkan, tema yang diangkat dalam dialog publik ini sangat menarik untuk dibahas. Ini menjadi salah satu pembahasan terkait kemajuan dan kesejahteraan sebuah daerah.

“Ada tiga modal dasar dalam kemajuan dan kesahteraan sebuah daerah, yakni potensi alam, SDM yang unggul, dan anggaran yang dapat mendorong perubahan dan pertumbuhan perekonomian. Maka dari itu, dialog ini dapat menjadi pencerahan bagaimana kelanjutan dari penggunaan dana otsus untuk kemakmuran masyarakat dan daerah,” lanjutnya.

Membuka kegiatan, Asisten I Pemko Langsa Suriyatno AP, MSP., menjelaskan mengenai penggunaan dan pemanfaatan dana otsus di Aceh sejak tahun 2008 hingga kini.

“Pemko Langsa sangat mendukung pelaksanaan kegiatan ini. Semoga kegiatan ini dapat memberikan manfaat dan juga harapan kita semua semoga dana otsus dapat terus diterima oleh masyarakat aceh,” ujarnya.

Setelah dibuka, acara dilanjutkan dengan dialog bersama pemateri yang dipandu oleh moderator Danil Putra Arisandy, M.Kom.I.(ID)