Slot77 Situs Slot Deposit Pulsa Kingkong333
HMJ-PBA FTIK IAIN Langsa Juara Umum SIMBA X Tahun 2023

IAIN LANGSA

IAIN Langsa
HMJ-PBA FTIK IAIN Langsa Juara Umum SIMBA X Tahun 2023

Kota Langsa (Humas) – Silaturahmi Mahasiswa Bahasa Arab (SIMBA IX) se-sumatera dilaksanakan di Kota Langsa Provinsi Aceh sebagai tuan rumahnya. Acara tersebut diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Himpunan Mahasiswa Jurusan Bahasa Arab (HMJ-PBA) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) IAIN Langsa.

SIMBA ke X Se Sumatera ini diikuti 200 peserta utusan mahasiswa Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri se-Sumatera, kegiatan akademik dan perlombaan dalam rangka silaturrahmi dan peningkatan sumber daya manusia yang digelar diantaranya Seminar Internasional dan Nasional. Acara silaturahmi dan festival seni tersebut diwarnai dengan berbagai perlombaan-perlombaan yang berkaitan dengan seni, Bahasa Arab dan keislaman seperti Pidato Bahasa Arab, Ghina ‘Araby, Hifzil Qur’an Golongan 10 Juz, 20 Juz, 30 Juz, Puisi Bahasa Arab, Insya’ Araby, Debat Bahasa Arab, Qira’atul Kutub, Kaligrafi dan Taqdimul Qishah. Perlombaan-perlombaan tersebut dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 8 Maret 2023, dari hasil perlombaan yang dilakukan oleh para dewan juri. Berbagai universitas mampu memenangkan perlombaan. Setelah dilakukan kalkulasi, Mahasiswa-mahasiswi PBA FTIK IAIN Langsa terakumulasi paling banyak memenangkan cabang perlombaan dalam SIMBA X tersebut sehingga terpilih menjadi Pemenang Juara Umum SIMBA X  Tahun 2023.

Juara tersebut diraih oleh delegasi Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Arab (HMJ-PBA) FTIK IAIN Langsa, yaitu Isyatul Fuja, juara I cabang lomba Pidato Bahasa Arab, Erika juara II cabang Lomba Ghina ‘Araby, Nurita Sinta juara I dan Azkia Zeinanta juara II cabang lomba Hifzil Qur’an 10 Juz, Lili Indriyani Juara I cabang lomba Hifzil Qur’an 20 juz, Nur Hidayanti Juara I cabang lomba Hifzil Qur’an 30 Juz, Nadila Safitri Juara II cabang lomba Puisi Bahasa Arab, Salsabila Juara I cabang lomba Insya’ Araby, Khairunnisa Juara III cabang lomba Taqdimul Qishah, Radatul Jannah Juara III cabang lomba Kaligrafi, yang diumumkan (kamis/09/03/23) di Laboratorium Aula Terpadu IAIN Langsa, sebut Wakil Dekan III FTIK IAIN Langsa Dr. Mahyiddin, S.Ag, MA. 

"Dalam ajang ini kita mengirimkan mahasiswa Program Studi Bahasa Arab pada semua cabang lomba, Alhamdulillah mereka mendapatkan prestasi yang gemilang, sebut Mahyiddin. 

Dekan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) IAIN Langsa, Dr. Zainal Abidin, S,Pd. I, MA, menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya atas usaha para peserta yang berhasil mengharumkan nama Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK)  dan Nama IAIN Langsa sebagai penyelenggara SIMBA X se-Sumatera. Prestasi ini tentunya menjadi sumbangan penting dari mahasiswa bagi program studi Bahasa Arab dan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, tempat mahasiswa mengenyam pendidikan.

Sementara Ketua Prodi Pendidikan Bahasa Arab Fuji Astuti, MA mengungkapkan rasa syukurnya dengan keberhasilan tuan rumah Program Studi Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Langsa dalam menyandang juara umum diajang SIMBA ke-X ini. 

"Alhamdulillah dengan persiapan yang sangat matang dan support dari para Dekanat, Rektorat, dan para dosen,  mahasiswa kami dari PBA FTIK IAIN Langsa berhasil menorehkan prestasi bahkan mendapat pengahargaan sebagai juara umum, diajang SIMBA ke-X di IAIN Langsa Aceh." 

"Tentunya capaian ini menjadi hadiah manis bagi Prodi PBA dan motivasi bagi jajaran mahasiswa dan dosen PBA untuk terus berprestasi pada even-even selanjutnya." tutur Fuji Astuti, MA. 

Rektor Dr. H. Basri, MA memberikan apresiasi kepada Ketua Program Studi Bahasa Arab dan jajaran Dekan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Langsa  sebagai penyelenggara SIMBA X, yang telah berhasil membawa nama baik kampus. 

"Kegiatan seperti ini akan terus kita fasilitasi setiap mahasiswa yang memiliki prestasi baik jalur akademik maupun non akademik, ini adalah untuk kemajuan IAIN Langsa kedepannya, kemajuan IAIN Langsa tidak bisa dicapai hanya oleh Rektor, Dekan dan dosen, tetapi kontribusi besar dari mahasiswa sangat dibutuhkan, sehingga mahasiswa perlu terus mendapat pembinaan yang baik dan dukungan yang maksimal, “ucap Dr. H.  Basri. MA.

Disamping itu, dari awal kita memberikan apresiasi dan perhatian pada mahasiswa yang berprestasi berupa beasiswa/keringanan Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang dibuktikan dengan medali, sertifikat, foto, atau berita yang pernah dipublish. Prestasi tersebut bisa tingkat Propinsi, Nasional, ataupun Internasional. Kita berharap IAIN Langsa kedepan unggul dan mampu bersaing dengan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam sehingga menjadi syorganya mahasiswa yang berprestasi. “tutup Basri.(My)