IAIN LANGSA

IAIN Langsa
FEBI IAIN Langsa Laksanakan FGD Panduan Komprehensif

Kota Langsa (Humas) – Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa, Selasa (22/11/2022) melakusanakan Focus Group Discussioan (FGD) panduan  ujian komprehensif.

Zikriatul Ulya SE.M.Si selaku tim penyusun buku pandun ujian komprehensif menjelaskan, komprehensif adalah kegiatan ujian yang bersifat integral dan menyeluruh, bertujuan untuk menilai keluasan wawasan dan kemampuan akademik yang dicapai mahasiswa selama mengikuti perkuliahan (teori) pada Program studi fakultas ekonomi dan bisnis IAIN Langsa.

“Stressing ujiannya menekankan pada penalaran konseptual maupun problem solving terhadap permasalahan-permasalahan pendidikan (agama) Islam, ilmu ekonomi dan keprofesionalisasi (kesesuaian jurusan),”imbuhnya.

Zikriatul Ulya menututurkan, wawasan keislaman mahasiswa mampu dan memahami tentang ajaran agama Islam baik itu fardhu kifayah, thaharah, kaidah ibadah, dan fiqh. Sedangkan wawasan ekonomi yaitu ilmu ekonomi, dasar manajemen, ekonomi mikro Islam dan ekonomi makro Islam, sedangkan wawasan keprofesionalisasi tentang apa yang dipelajari pendalaman jurusan baik itu perbankan syariah, ekonomi syariah, manajemen keuangan syariah, manajemen zakat wakaf.

“Mata uji dalam ujian komprehensif adalah berkaitan dengan mata kuliah keilmuan yang sudah didapat pada saat perkuliahan. Mahasiswa yang berhak menempuh ujian komprehensif adalah mereka yang telah menempuh semua mata kuliah yang dipersyaratkan dengan total 120 SKS,”terangnya.

Lebih lanjut Zikriatul Ulya menjelaskan, ujian komprehensif menjadi salah satu prasyarat untuk mengikuti (mendaftarkan) munaqasah atau sidang skripsi. Dalam ujian Komprehensif biasanya diajukan dalam bentuk soal random, tetapi masih sesuai dengan mata kuliah yang pernah diambil mahasiswa.

“Oleh karena itu, diperlukan persiapan yang matang agar mampu memberikan hasil yang terbaik dalam menjawab semua soal yang diberikan pada saat ujian nanti,”demikian pungkasnya.