IAIN LANGSA

IAIN Langsa
FEBI IAIN Langsa Hadiri AFEBIS di UIN Salatiga

Kota Salatiga (Humas) – Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) langsa menghadiri kegiatan Asosiasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (AFEBIS) yang dilaksanakan di Universitas Islam Negeri (UIN) Salatiga, Selasa (21/6/22).

Kegiatan ini dihadiri oleh 50 perwakilan FEBI seluruh Indonesia. Adapun yang menjadi perwakilan dari FEBI IAIN Langsa yakni Dekan FEBI Dr. Iskandar, M.CL., Wakil Dekan Bidang Akademik Dr. Abdul Hamid, MA., Ketua Prodi dan Sekretaris Prodi.

Wakil Dekan Bidang Akademik Dr. Abdul Hamid, MA mengatakan, kegiatan AFEBIS Tahun 2022 ini memiliki beberapa agenda untuk diikuti.

“Ada tiga agenda di AFEBIS kali ini, pertama The 3rd Annual International Conference on Islamic Economics and Business 2022 yaitu Seminar Internasional yang bertemakan ‘Circular Economy: Acceleration on Business Recovery from the Islamic Economics Prespective’, kemudian agenda pembahasan akreditasi melalui Lembaga Akreditasi Mandiri Ekonomi Manajemen Bisnis dan Akuntansi (LAMEMBA), dan yang terakhir Konsorsium Program Studi mengenai Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM),” sebutnya.

Dari pertemuan ini, Abdul Hamid menuturkan bahwa ada motivasi da arahan yang diberikan kepada FEBI seluruh Indonesia untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan sumber daya manusia melalui aplikasi Zoom Meeting, karena hal ini merupakan bagian dari MBKM.

Mengenai akreditasi melalui LAMEMBA, Abdul Hamid menjelaskan bahwa ini merupakan bagian yang sangat penting untuk dibahas pada pertemuan ini.

“Akreditasi FEBI dulu ditangani oleh Badan Akreditasi Nasional - Pergururan Tinggi (BAN-PT), namun sekarang sudah beralih ditangani oleh LAMEMBA dan salah satu syarat untuk mengajukan akreditasi yakni fakultas harus mendaftar sebagai anggota terlebih dahulu,” jelasnya.