IAIN LANGSA

IAIN Langsa
Dosen IAIN Langsa Raih Best Presenter 1 dalam ICONIE 2022

Kota Langsa (Humas) – Salah satu Dosen Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa Budi Juliandi, MA meraih penghargaan sebagai Best Presenter 1 dalam kegiatan The 2nd International Conference on Islam and Education (ICONIE) di Pekalongan, Selasa (21/2/22).

Kegiatan ini digelar oleh Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Universitas Islam Negeri (UIN) K.H. Abdrrahman Wahid Pekalongan dan bertemakan ‘Moderate Islamic Education for Suistanable Development in Plural Society’.

Berlangsung selama dua hari mulai dari 20 hingga 21 Juni 2022 di Hotel Horison Pekalongan, kegiatan ini menghadirkan sejumlah narasumber dari dalam dan luar negeri dan sesi presentasi dilaksanakan secara hybrid, yakni secara offline untuk narasumber dari dalam negeri dan online untuk narasumber dari luar negeri.

Tema yang diangkat kali ini menurut Rektor UIN Pekalongan Prof. Dr. Zaenal Mustakim sangat penting karena pendidikan moderasi beragama diperlukan untuk membendung arus ekstremisme dan radikalisme yang terjadi dan dalam hal ini pendidikan Islam memiliki peran penting dalam menguatkan moderasi beragama diantaranya komitmen kebangsaan, toleransi, anti-kekerasan, dan akomodatif terhadap budaya lokal.

Dosen Fakultas Syairah IAIN Langsa Budi Juliandi, MA berhasil keluar sebagai Best Presenter 1 diantara ratusan peserta dari berbagai daerah di Indonesia. Selain itu, kegiatan ini juga diikuti secara online oleh member countries dan associate member countries dari SEAMEO (The Southeast Asian Ministers of Education Organization).

Capaian prestasi tersebut menjadi barometer bahwa dosen IAIN Langsa mampu bersaing dengan perguruan tinggi lainnya secara nasional dan internasional.