IAIN LANGSA

IAIN Langsa
Bulan Syawal, IAIN Langsa Gelar Arisan dan Silaturahmi

Kota Langsa (Humas) - Keluarga Besar Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa, Rabu (11/5/2022) menggelar arisan dan Silaturahmi yang berlangsung di aula barat kampus setempat.

Selain meningkatkan ukhwah, silaturahmi juga dilakukan dalam rangka penyambutan Kepala Biro Administrasi Umum, Akademik dan Kemahasiswaan (AUAK) yang definitif.

Kepala Biro AUAK IAIN Langsa Rina Meutia, SE, ME menyampaikan terima kasih kepada keluarga, Rektor dan Dekan FUAD atas dukungan moral dan spritual yang diberikan selama melaksanakan proses seleksi sampai pelantikan.

"Terkhusus kepada pak Isa, yang dari awal sampai akhir proses seleksi terus membantu saya,"ujarnya.

Kepala Biro AUAK juga menyampaikan pesan dari Menteri Agama untuk dapat bersinergi dengan Rektor.

"Meskipun sama-sama dilantik oleh Menag tapi Kepala Biro dan Rektor untuk dapat bersinergi, tidak ada ego dalam menjalankan tugas masing - masing,"imbuhnya.

"Mohon bantuan dan do'anya bersama-sama untuk membangun IAIN Langsa,"tambahnya lagi.

Rektor IAIN Langsa Dr. H. Basri, MA mengatakan, proses seleksi dan pelantikan Kepala Biro dilingkungan kemenag merupakan wewenang penuh Menteri Agama. Dalam menjalankan tugas, kekompakan dan kerjasama menjadi hal yang sangat funda mental.

"Kami yakin dan percaya, Ibu Rina Meutia yang selama ini telah bersama kita dapat memberikan pelayanan yang terbaik untuk lembaga kita, kita terus berdiskusi dan berkoordinasi,"pungkasnya.

Pada kesempatan itu Rektor menyampaikan selamat hari raya idul Fitri 1443 H. Rektor menyebutkan, selama satu bulan penuh puasa menjadi bulan tarbiyah dalam kehidupan sehari - hari. Tentu dengan harapan setiap manusia kembali menjadi fitrah.

"Sebulan penuh kita digembleng baik mental, fisik, kultur, spritual yang terus kita implementasikan dalam kehidupan sehari - hari, lewat forum ini mari kita saling bermaafan,"tukas Rektor.

Rektor mejelaskan, menurut Imam Ghazali terdapat tiga makna taqwa yang dapat diimplementasika dalam kehidupan sehari - hari, yaitu takut dan tunduk kepada Allah SWT, tunduk terhadap ajaran agama, taat kepada perintah Allah, takut menghadapi siksa kubur, sehingga dengan gelar taqwa ini menjadikan manusia lebih baik dalam bingkai agama, bingkai pemerintahan dan bingkai kehidupan.

Makna yang kedua, sambung Rektor, taat dalam menjalankan ibadah, hal ini terukur dengan kualitas dan kuantitas ibadah rutinitas yang dilakukan seperti shalat Selanjutnya taat terhadap aktivitas pribadi.

Dalam menjalankan tugas yang diemban agar dapat dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab, membersihkan hati dari perbuatan yang kotor, serta menjadi pekerjaan sebagai ibadah.

"Tiga hal ini menjadi pondasi kita untuk melakukan pengabdian kita kepada agama dan negara,"tandasnya.

Silaturahmi yang diikuti oleh keluarga besar IAIN Langsa ini diakhiri dengan taushiyah dan bersalaman.