IAIN Langsa
Berbaur dengan Masyarakat via Shalat Berjamaah

12 April 2016

[Langsa] Kepala Biro AUAK IAIN Zawiyah Cot Kala Langsa Drs.H.Ibnu Sa’dan,M.Pd mengingatkan para peserta Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) untuk berbaur dengan masyarakat, salah satunya dengan ikut shalat berjamaah di masjid bersama-sama dengan masyarakat.

Hal demikian dikatakan Ibnu Sa’dan saat menyampaikan materi sistem penyelenggaraan Pemerintahan Gampong kepada para peserta KPM tahap II Tahun 2016, Selasa (12/4) di aula Seuramoe Teuhah kampus setempat.

Ibnu Sa’dan mengatakan peserta KPM yang ditugaskan di dua kecamatan di Kabupaten Aceh tamiang dan 1 kecamatan di kabupaten Aceh Timur ini harus memberikan contoh yang baik kepada masyarakat. Menurut Ibnu Sa’dan, indikator keberhasilan peserta KPM salah satunya dinilai dari kemampuan mahasiswa berbaur dengan masyarakat di lokasi yang ditempatkan. Selain itu Ibnu Sa’dan juga mengharapkan agar peserta KPM kreatif untuk melakukan inovasi-inovasi baru.

“Peserta KPM jangan tinggal shalat jamaah di masjid, ini jadi indikator keberhasilan anda berbaur dan diketahui keberadaannya di masyarakat, Tidak akan berhasil semua perencanaan dan inovasi tanpa berbaur dengan masyarakat,” lanjut Ibnu Sa’dan.

Lewat materi sistem penyelenggaraan Pemerintahan Gampong tersebut, Kepala Biro panjang lebar jelaskan pengertian, kedudukan, tugas dan fungsi wewenang gampong, “Gampong adalah kesatuan masyarakat hokum yang mempunyai organisasi pemerintahan terendah langsung berada di bawah mukim yang menempati wilayah tertentu, yang dipimpin oleh Keuchik dan berhak menyelenggarakan urusan rumah tangganya sendiri,” urai Ibnu Sa’dan.

Kepada peserta KPM, Kepala Biro berharap agar mahasiswa menjaga nama baik kampus dan memanfaatkan kesempatan ini untuk belajar dari masyarakat, “Pandai-pandailah bergaul, jika anda telah dekat dengan masyarakat, semua program dan kegiatan KPM akan didukung oleh masyarakat dan terlaksana dengan baik, maka gunakan kesempatan ini dengan baik,” pintanya. [Jml]