slot online terpercaya

IAIN LANGSA

IAIN Langsa
2024, IAIN Langsa Tuan Rumah KKN Melayu Serumpun

Lampung (Humas) - Tahun 2024 mendatang, Institut Agama Islam Negeri Langsa ditetapkan sebagai tuan rumah pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Melayu Serumpun.

"Keputusan Rapat Forum Ketua LP2M 20 Juli 2023 di IAIN Metro menetapkan bahwa, KKN Melayu Serumpun 2024 dilaksanakan di IAIN Langsa,"imbuh Rektor IAIN Langsa Prof. Dr. Ismail Fahmi Arrauf Nasution, MA, Jum'at (21/7/2023).

Prof. Ismail Fahmi mengatakan, dengan ditetapkannya IAIN Langsa sebagai tuan rumah, maka pihaknya akan terus melakukan berbagai persiapan mulai dari penguatan sumbur daya manusia, melakukan koordinasi bersama Forkopimda dan stakeholder lainnya.

Rektor juga menyebutkan, saat ini Ketua LP2M Se Sumatera akan mengkoordinasikan pelksanaan KKN Kolaboratif Internasional.

"Semoga IAIN Langsa dapat memberikan pelayanan yang maksimal kepada para tetamu kita yang nantinya akan melakukan pengabdian,"ujarnya.

Sebelumnya, Direktur Jenderal PENDIS Prof. Dr. Muhammad Ali Ramdhani, Kementerian Agama RI secara resmi melepas peserta Kuliah Kerja Nyata Melayu Serumpun angkatan ke-4 PTKIN 2023 (KKNMS) secara resmi.

Berdasarkan data yang dihimpun, kegiatan KKN Melayu Serumpun ini diikuti oleh 1055 peserta, yang merupakan utusan dari PTKIN (Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri) Se-Sumatera.

Dalam sambutan disampaikan bahwa KKN bagi Perguruan Tinggi sebagai terobosan sistem pendidikan diluar kampus, di mana belajar langsung ditengah masyarakat.

“Bagi PT merupakan implementasi dari Tri Dharma, yang penekanannya pada Pengabdian kepada Masyarakat. Saat ini PT menekankan penerapan Kurikulum Merdeka dan Merdeka Belajar (KMMB). artinya menitik beratkan pola pembelajaran yang bersentuhan langsung dengan masyarakat melalui pola magang, pengabdian masyarakat,” PENDIS Prof. Dr. Muhammad Ali Ramdhani Kamis 20 Juli 2023.

Menurutnya, KKNMS merupakan terobosan luar biasa karena KKN ini menjadi ajang Kolaborasi antar PT dilingkungan PTKIN di Pulau Sumatera.

“Kami apresiasi dan support dengan harapan output ataupun outcome produk pengabdiannya semakin baik,” pungkasnya.

Tiba Dilokasi KKN

Sebanyak 8 Mahasiswa IAIN Langsa telah tiba dilokasi pelaksanaan KKN Melayu Serumpun.
Akmal,SHI, M.E.I selaku DPL KKN Melayu Serumpun menuturkan, 7 mahasiswa IAIN Langsa ditempatkan di Kecamatan Dahulu Baru dan 1 orang di Pesarawan.

"Kami sampai di lokasi pelepasan yang di Kabupaten di pukul 14.30 setelah itu kami diberikan sedikit pembekalan oleh pak camat Punduh Pedada, dan langsung di jemput oleh dosen pembimbing lapangan KKN, pak Hasrun Affandi umpu singa, SE. MM. Setelah sampai di lokasi penginapan KKN kami langsung di sambut oleh peserta KKN mahasiswa IAIN Metro,"jelasnya.

Para mahasiswa IAIN Langsa, sambungnya, nanti akan membaur dengan mahasiswa lainnya untuk melaksanakan sejumlah program pengabdian yang telah disusun.