IAIN LANGSA

IAIN Langsa
164 Mahasiswa FUAD IAIN Langsa Ikuti Pembekalan PKL

Kota Langsa (Humas) - Sebanyak 164 mahasiswa Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah (FUAD) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa, Selasa (19/7/2022) mengikuti pembekalan Praktek Kerja Lapangan (PKL) yang berlangsung di aula laboratorium kampus setempat.

Ketua pantia Ashadi Saman, Lc mengatakan, setelah pembekalan ini mahasiswa nantinya akan ditempatkan di 34 lokasi pada tiga Kabupaten/Kota, yaitu Kabupaten Aceh Tamiang, Kabupaten Aceh Timur dan Kota Langsa guna mengimplementasikan keterampilan keilmuannya.


"Diharapkan kepada mahasiswa nantinya agar dapat mengikuti acara ini dengan serius, sehingga bekal yang didapat bisa diaplikasikan saat melakukan PKL,"ujarnya.


Dekan FUAD IAIN Langsa Dr. Muhammad Nasir, MA menyebutkan, PKL secara sederhana dapat dipahami sebagai Praktek Kerja Lapangan, namun pihaknya merombak sistem pelaksanannya, jika tahun sebelumnya mahasiswa aktif untuk mencari lokasi, namun tahun ini lokasi PKL ditentukan oleh panitia.

"Hal ini dilakukan karena kita ingin memperkenalkan kepada peserta terkait dunia kerja yang akan dilakukan. Jadi tidak ada lagi mahasiswa KPI yang PKL di SMA, semua harus sesuai dengan bidangnya,"imbuhnya.

Nasir mengakatan, PKL ini mahasiswa diarahkan untuk mengetahui dunia kerjanya sesuai dengan keahliannya. Tidak ada lagi mahasiswa PKL kerjanya antar surat, bukan itu tugas utamanya, tapi jika nanti mahasiswa mau membantu tidak masalah.

"Jadi diharapkan mahasiswa paham kompetensi utamanya dan kompetensi pendukung yang menjadi skill,"tandasnya.

Setelah pembekalan ini mahasiswa akan dikembalikan ke Prodi masing - masing untuk mendapatkan keahlian sesuai dengan disiplin ilmu. Sehingga diharapkan profesional.

"PKL selama dua bulan mulai tanggal 10 Agustus sampai 10 Oktober mendatang,"pungkasnya.