IAIN Langsa
1.280 Calon Mahasiswa STAIN Ikuti OPAK

30 Agustus 2012

Kamis, 30-08-2012 | Sebanyak 1.280 calon mahasiswa STAIN Zawiyah Cot Kala Langsa tahun akademik 2012/2013, selama tiga hari (25-27 Agustus 2012) mengikuti Orientasi Pengenalan Akademik dan Kemahasiswaan (OPAK). Kegiatan yang diadakan oleh Pemerintahan Mahasiswa (PEMA) berlangsung di kampus STAIN.

Presiden Mahasiswa (Presma) STAIN Zawiyah Cot Kala Langsa, Fauzi mengatakan, kegiatan tersebut adalah salah satu proses awal atau masa perkenalan bagi cama STAIN Zawiyah Cot Kala Langsa, sebelum mengikuti proses perkuliahan resmi setelah mereka nantinya berstatus mahasiswa STAIN setempat. Kegiatan Opak ini berlangsung selama tiga hari yaitu dimulai sejak Sabtu (25/8) hingga Senin (27/8) mendatang.

Dalam kegiatan ini para cama akan diberikan motivasi dan pemantapan diri untuk menjadi sosok mahasiswa STAIN Zawiyah Cot Kala Langsa, yang memiliki integritas dan karakteristik sebagai mahasiswa yang berbasis Islami. Selain itu mereka juga akan diberikan materi dasar tentang akademik, wawasan keilmuan, serta pengetahuan berorganisasi oleh narasumber baik dari kalangan dosen STAIN dan tokoh Organisasi Kepemudaan (OKP) daerah setempat.

"Kegiatan Opak ini mengangkat tema, pergerakan mahasiswa Perguruan Tinggi Agama Islam (PTAI) dalam menjaga intgritas sebagai agen of change demi masa dapan Aceh yang bermartabat. Kami dari pantia mengharapkan kepada para cama yang mengikuti kegiatan ini mampu menempatkan diri sebagai sosok mahasiswa Islami, yang memiliki daya saing tingkat regional, nasional, bahkan internasional," katanya.

Fauzi menambahkan, tujuan Opak adalah untuk memberikan pemahaman atau cama harus mengerti tentang pergerakan mahasiswa sesuai dengan tuntutan zaman. Dengan kata lain yaitu mahasiswa jangan hanya paham tentang aksi demonstrasi maupun gerakan massa lainnya. Namun melainkan mereka harus paham bahwa fungsi pergerakan mahasiswa sangatlah besar untuk pengembangan dan penelitian keilmuan masa kini sebagaimana yang tercantum dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi.

"Dengan adanya Opak ini mahasiswa STAIN ke depan mampu menunjukan diri bahwa mereka memiliki kualitas dan daya saing. Sehingga image yang selama ini mengatakan mahasiswa PTAI adalah nomor dua atau alternatif dari Perguruan Tinggi Umum (PTU) harus dapat dihapuskan," demikian Presma STAIN Zawiyah Cot Kala Langsa.